Pengajuan Addendum

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang pengadaan barang berdasarkan Perpres 54/2010

Pengajuan Addendum

Postoleh ariza » 25 Okt 2011, 12:13

Yth Bpk Khalid dan rekan2..

saya ada sedikit pertanyaan tentang pengadaan barang.
kondisinya :

1. kontrak telah berjalan dan akan berakhir pada 28 Oktober
pada tanggal 24 Oktober rekanan mengajukan addendum untuk perubahan tipe barang dan penambahan waktu

tipe barang dirubah karena produk yg ditawarkan sudah tdk dijual lagi (ada surat dari distributor) sehingga diganti ke tipe yg lebih baru tanpa ada penambahan harga.

2. karena ada permasalahan di bea cukai (barang impor) maka barang yang dipesan terlambat datangnya (hanya berupa surat pernyataan dari rekanan)...dan rekanan meminta penambahan jangka waktu 25 hari.


yang ingin saya tanyakan :
1. untuk kondisi pertama, distributor telah menyanggupi untuk menyediakan barang sesuai tipe awal dan telah menyatakan ketersediaan stock nya...apakah hal ini dapat diterima?

2. untuk kondisi kedua, keterlambatan tidak disertai surat dari distributor maupun keterangan dari bea cukai...apakah alasan tersebut dapat diterima?

3. jangka waktu akhir kontrak dan permohonan addendum kurang dari 1 minggu, apakah hal ini diperbolehkan?


terima kasih atas perhatiannya dan saya harapkan bantuan dari Bpk Khalid dan rekan2 untuk mencarikan solusi.
ariza
Newbie
Newbie
 
Post: 12
Bergabung: 25 Okt 2011, 12:00

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh AOC » 26 Okt 2011, 06:35

ariza menulis:Yth Bpk Khalid dan rekan2..

saya ada sedikit pertanyaan tentang pengadaan barang.
kondisinya :

1. kontrak telah berjalan dan akan berakhir pada 28 Oktober
pada tanggal 24 Oktober rekanan mengajukan addendum untuk perubahan tipe barang dan penambahan waktu

tipe barang dirubah karena produk yg ditawarkan sudah tdk dijual lagi (ada surat dari distributor) sehingga diganti ke tipe yg lebih baru tanpa ada penambahan harga.

2. karena ada permasalahan di bea cukai (barang impor) maka barang yang dipesan terlambat datangnya (hanya berupa surat pernyataan dari rekanan)...dan rekanan meminta penambahan jangka waktu 25 hari.


yang ingin saya tanyakan :
1. untuk kondisi pertama, distributor telah menyanggupi untuk menyediakan barang sesuai tipe awal dan telah menyatakan ketersediaan stock nya...apakah hal ini dapat diterima?

2. untuk kondisi kedua, keterlambatan tidak disertai surat dari distributor maupun keterangan dari bea cukai...apakah alasan tersebut dapat diterima?

3. jangka waktu akhir kontrak dan permohonan addendum kurang dari 1 minggu, apakah hal ini diperbolehkan?


terima kasih atas perhatiannya dan saya harapkan bantuan dari Bpk Khalid dan rekan2 untuk mencarikan solusi.


Tanggapan saya :
1. Perlu mempertimbangkan hal-hal dibawah ini. .
2. Waktu Penyelesaian Pekerjaan :
- Kecuali Kontrak diputuskan lebih awal, Penyediaa berkewajiban untuk memulai pelaksanaan pekerjaan pada tanggal Mulai Kerja serta menyelesaikan pekerjaan
selambat-lambatnya pada tanggal penyelesaian yang ditetapkan dalam SPMK.
- Jika pekerjaan tidak selesai pada tanggal penyelesaian bukan akibat Keadaan Kahar atau Peristiwa Kompensasi atau karena kesalahan atau kelalaian penyedia
maka penyedia dikenakan denda.
3. Perpanjangan Waktu Pelaksanaan dapat diberikan oleh PPK atas pertimbangan yang layak dan wajar atas hal-hal sbb :
a. Keterlambatan yang disebabkan oleh PPK
b. Masalah yang timbul diluar kendali penyedia dan/atau
c. Keadaan Kahar
4. PPK berdasarkan pertimbangan Pengawas Pekerjaan harus telah menetapkan ada tidaknya perpanjangan waktu pelaksanaan dan untuk berapa lama, dalam jangka
waktu 21 (dua puluh satu) hari setelah penyedia meminta perpanjangan. Jika penyedia lalai untuk memberikan peringatan dini atas keterlambatan atau tidak
dapat bekerja sama untuk mencegah keterlambatan sesegera mungkin maka keterlambatan seperti ini tidak dapat dijadikan alasan untuk memperpanjang Tanggal
Penyelesaian.


Semoga berkenan.
Terima kasih.
AOC
Avatar pengguna
AOC
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 17 Sep 2011, 18:32
Lokasi: Jakarta Timur

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh agus adi » 26 Okt 2011, 08:48

AOC menulis:
ariza menulis:Yth Bpk Khalid dan rekan2..

saya ada sedikit pertanyaan tentang pengadaan barang.
kondisinya :

1. kontrak telah berjalan dan akan berakhir pada 28 Oktober
pada tanggal 24 Oktober rekanan mengajukan addendum untuk perubahan tipe barang dan penambahan waktu

tipe barang dirubah karena produk yg ditawarkan sudah tdk dijual lagi (ada surat dari distributor) sehingga diganti ke tipe yg lebih baru tanpa ada penambahan harga.

2. karena ada permasalahan di bea cukai (barang impor) maka barang yang dipesan terlambat datangnya (hanya berupa surat pernyataan dari rekanan)...dan rekanan meminta penambahan jangka waktu 25 hari.


yang ingin saya tanyakan :
1. untuk kondisi pertama, distributor telah menyanggupi untuk menyediakan barang sesuai tipe awal dan telah menyatakan ketersediaan stock nya...apakah hal ini dapat diterima?

2. untuk kondisi kedua, keterlambatan tidak disertai surat dari distributor maupun keterangan dari bea cukai...apakah alasan tersebut dapat diterima?

3. jangka waktu akhir kontrak dan permohonan addendum kurang dari 1 minggu, apakah hal ini diperbolehkan?


terima kasih atas perhatiannya dan saya harapkan bantuan dari Bpk Khalid dan rekan2 untuk mencarikan solusi.


Tanggapan saya :
1. Perlu mempertimbangkan hal-hal dibawah ini. .
2. Waktu Penyelesaian Pekerjaan :
- Kecuali Kontrak diputuskan lebih awal, Penyediaa berkewajiban untuk memulai pelaksanaan pekerjaan pada tanggal Mulai Kerja serta menyelesaikan pekerjaan
selambat-lambatnya pada tanggal penyelesaian yang ditetapkan dalam SPMK.
- Jika pekerjaan tidak selesai pada tanggal penyelesaian bukan akibat Keadaan Kahar atau Peristiwa Kompensasi atau karena kesalahan atau kelalaian penyedia
maka penyedia dikenakan denda.
3. Perpanjangan Waktu Pelaksanaan dapat diberikan oleh PPK atas pertimbangan yang layak dan wajar atas hal-hal sbb :
a. Keterlambatan yang disebabkan oleh PPK
b. Masalah yang timbul diluar kendali penyedia dan/atau
c. Keadaan Kahar
4. PPK berdasarkan pertimbangan Pengawas Pekerjaan harus telah menetapkan ada tidaknya perpanjangan waktu pelaksanaan dan untuk berapa lama, dalam jangka
waktu 21 (dua puluh satu) hari setelah penyedia meminta perpanjangan. Jika penyedia lalai untuk memberikan peringatan dini atas keterlambatan atau tidak
dapat bekerja sama untuk mencegah keterlambatan sesegera mungkin maka keterlambatan seperti ini tidak dapat dijadikan alasan untuk memperpanjang Tanggal
Penyelesaian.


Semoga berkenan.


Bisa dishare pak dasarnya : "perpanjangan waktu pelaksanaan dan untuk berapa lama, dalam jangka
waktu 21 (dua puluh satu) hari setelah penyedia meminta perpanjangan"
agus adi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 433
Bergabung: 31 Mar 2011, 08:38
Lokasi: Kab. Sumenep

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh ariza » 26 Okt 2011, 10:45

Terima kasih bpk AOC,

memang kesalahan bukan di penyedia, tetapi penyediakan sudah dpt surat dukungan dr distributor bahwa brg tersebut akan tersedia (kira2 4 bulan dr surat dukungan ke surat kadaluarsa stock)...seandainya memang produk tersebut akan kadaluarsa, penyedia kan dapat mengajukan kepada PPTK untuk mengganti spek barang ke yang lebih baru...

selanjutnya untuk permohonan penambahan waktu, apakah di perbolehkan tanpa surat pernyataan resmi dr distributor....bisa saja penyedia berbohong.

terus apakan ada ketentuan bahwa pengajuan adendum harus seminggu atau 2 minggu sebelum akhir kontrak? kan kalo mendadak diajukan adendum kita jadi repot jg...

terima kasih
ariza
Newbie
Newbie
 
Post: 12
Bergabung: 25 Okt 2011, 12:00

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh Rahman Tunggal » 26 Okt 2011, 10:53

ariza menulis:Yth Bpk Khalid dan rekan2..

saya ada sedikit pertanyaan tentang pengadaan barang.
kondisinya :

1. kontrak telah berjalan dan akan berakhir pada 28 Oktober
pada tanggal 24 Oktober rekanan mengajukan addendum untuk perubahan tipe barang dan penambahan waktu
tipe barang dirubah karena produk yg ditawarkan sudah tdk dijual lagi (ada surat dari distributor) sehingga diganti ke tipe yg lebih baru tanpa ada penambahan harga.
2. karena ada permasalahan di bea cukai (barang impor) maka barang yang dipesan terlambat datangnya (hanya berupa surat pernyataan dari rekanan)...dan rekanan meminta penambahan jangka waktu 25 hari.

yang ingin saya tanyakan :
1. untuk kondisi pertama, distributor telah menyanggupi untuk menyediakan barang sesuai tipe awal dan telah menyatakan ketersediaan stock nya...apakah hal ini dapat diterima?
2. untuk kondisi kedua, keterlambatan tidak disertai surat dari distributor maupun keterangan dari bea cukai...apakah alasan tersebut dapat diterima?
3. jangka waktu akhir kontrak dan permohonan addendum kurang dari 1 minggu, apakah hal ini diperbolehkan?

terima kasih atas perhatiannya dan saya harapkan bantuan dari Bpk Khalid dan rekan2 untuk mencarikan solusi.


Sharing tanggapan :
1. Pada prinsipnya perpanjangan waktu pelaksanaan dapat diberikan jika memenuhi pasal 87. Kelangkaan barang dipasaran menurut saya masuk kepada keadaan kahar yakni keadaan yang terjadi diluar kehendak para pihak dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya dan hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan Pabrikan dan/atau distributor. Jadi menurut saya dapat diterima, dan jika tidak ada pernyataan dari Pabrikan dan/atau distributor maka tidak layak untuk dilakukan perubahan (cut off) dan dikenakan didenda.

2. Perpes 54/2010, tidak ada yang secara khusus menyatakan perihal penambahan rentang waktu pelaksanaan. Bisa 1 minggu, 1 bulan sepanjang waktu tersebut dipertimbangkan layak untuk diberikan.

3. Seyogyanya, bilamana akan dilakukan perubahan pekerjaan terlebih dahulu harus ada rekomendasi dari Pejabat Peneliti Pelaksana Kontrak.
4. Sekali lagi, hanya masukan.
Diskusi, merupakan PIGURA perbedaan, yang indah dan mengindahkan
http://aulakehidupan.blogspot.com/
Rahman Tunggal
Procurement Senior Lv. 1
Procurement Senior Lv. 1
 
Post: 594
Bergabung: 10 Apr 2011, 08:02

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh AOC » 26 Okt 2011, 13:00

ariza menulis:Terima kasih bpk AOC,

memang kesalahan bukan di penyedia, tetapi penyediakan sudah dpt surat dukungan dr distributor bahwa brg tersebut akan tersedia (kira2 4 bulan dr surat dukungan ke surat kadaluarsa stock)...seandainya memang produk tersebut akan kadaluarsa, penyedia kan dapat mengajukan kepada PPTK untuk mengganti spek barang ke yang lebih baru...

selanjutnya untuk permohonan penambahan waktu, apakah di perbolehkan tanpa surat pernyataan resmi dr distributor....bisa saja penyedia berbohong.

terus apakan ada ketentuan bahwa pengajuan adendum harus seminggu atau 2 minggu sebelum akhir kontrak? kan kalo mendadak diajukan adendum kita jadi repot jg...

terima kasih


Boleh-boleh saja dengan asumsi percaya kepada penyedia.
Pada tanggapan saya point 4 diatas.

Kalau saya sih, biasanya menggunakan tanggal mundur.

agus adi menulis:=======deleted========
Bisa dishare pak dasarnya : "perpanjangan waktu pelaksanaan dan untuk berapa lama, dalam jangka
waktu 21 (dua puluh satu) hari setelah penyedia meminta perpanjangan"


Pak Agus Adi, saya mohon maaf, materi diatas saya hanya menghafal dalam ingatan dan lagian keadaan tersebut merupakan rutinitas setiap tahun anggaran, cuman kalau saya ngga salah ingat seh, saya pernah membaca beberapa minggu kemaren pada lampiran Permen PU No.7 Tahun 2011 pada Buku (maaf Lupa) yang jelasnya tentang SDP.
Terima kasih.
AOC
Avatar pengguna
AOC
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 17 Sep 2011, 18:32
Lokasi: Jakarta Timur

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh confuse » 28 Okt 2011, 19:02

Assalammualaikum kawan-kawan...
maaf menggangu bentar mumpung seputaran perubahan spek jg nih. kasus saya jg sama sepertin mas nya
kalo boleh tau untuk adendumnya itu dilakukan perubahan speknya dimananya yah dalam kontrak itu??? apakah spek dalam surat pesanan???
maaf jika menggangu... mohon pencerahannyaa
confuse
Newbie
Newbie
 
Post: 12
Bergabung: 13 Okt 2011, 17:30

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh AOC » 28 Okt 2011, 23:38

confuse menulis:Assalammualaikum kawan-kawan...
maaf menggangu bentar mumpung seputaran perubahan spek jg nih. kasus saya jg sama sepertin mas nya
kalo boleh tau untuk adendumnya itu dilakukan perubahan speknya dimananya yah dalam kontrak itu??? apakah spek dalam surat pesanan???
maaf jika menggangu... mohon pencerahannyaa


Loh, saya kira udah dibahas ne ama Pak Khalid dgn Pak Guskun pada viewtopic.php?f=14&t=2040&p=14973&sid=21a45d1f274c7529e9257b7ae301c473#p14973.
Terima kasih.
AOC
Avatar pengguna
AOC
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 17 Sep 2011, 18:32
Lokasi: Jakarta Timur

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh guskun » 30 Okt 2011, 22:17

sekedar masukan pak ariza.
Rekanan diminta saja menjelaskan kronologis yg dilakukan sejak awal pelaksanaan pekerjaan. Hal ini penting aplg jk rekanan menerima uang muka.
Maksud saya begini : jika uang muka itu segera digunakan utk pemesanan barang, tentu info tidak adanya produk bs diketahui sejak awal.
Jika masalah baru muncul menjelang akhir kontrak, ada kemungkinan rekanan sempat bermalas2an. Kalau kondisi begini, layak dikenakan sanksi.
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com
guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
 
Post: 2305
Bergabung: 01 Apr 2011, 20:43
Lokasi: Jakarta, Surabaya

Re: Pengajuan Addendum

Postoleh jafar_teisir » 07 Nov 2011, 09:57

addendum waktu pengadaan barang dengan kontrak lumpsum.

Mohon pencerahan dari para suhu. :P :P

Apakah mungkin mengajukan addendum waktu dlm kontrak lumpsum dengan alasan yang kuat (misalnya karena jangka waktu pelaksanaan pekerjaan yang sangat mepet dan proses impor barang yang diluar perkiraan waktunya) ??
jafar_teisir
Newbie
Newbie
 
Post: 5
Bergabung: 12 Mei 2011, 05:33

tulis komentar

Berikutnya

Kembali ke Barang

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Google [Bot] dan 2 tamu