Spekteknis barang

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang pengadaan barang berdasarkan Perpres 54/2010

Spekteknis barang

Postoleh jasarullah » 06 Apr 2012, 10:47

Spek Teknis Hand Traktor dalam dokumen lelang mengarah ke produk tertentu ( yanmar) sehingga produk lain seperti kubota (Quick) atau mitsubishi (Iseki) tidak bisa ikut bersaing, ini merupakan penyimpangan dari Perpres 54 Tahun 2010 Lampiran II.A.2.b.3).b).(4).(b) menyatakan bahwa spesifikasi teknis barang tidak mengarah kepada merek/produk tertentu, kecuali untuk pengadaan suku cadang. Disamping itu juga melanggar Undang Undang No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Pasal 17 yaitu ; (1) Pelaku usaha dilarang melakukan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. (2) Pelaku usaha patut diduga atau dianggap melakukan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) apabila: a. barang dan atau jasa yang bersangkutan belum ada substitusinya; atau b. mengakibatkan pelaku usaha lain tidak dapat masuk ke dalam persaingan usaha barang dan atau jasa yang sama; atau c. satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha menguasai lebih dari 50% (lima puluh persen) pangsa pasar satu jenis barang atau jasa tertentu. Terhadap permasalahan diatas apakah tender bisa gagal karena dianggap ada penyimpangan/salah prosedur? mohon syaring ilmunya dari pakar2 pbj :phew: :o:
jasarullah
Newbie
Newbie
 
Post: 31
Bergabung: 12 Feb 2012, 22:59

Re: Spekteknis barang

Postoleh jatnika » 06 Apr 2012, 19:12

jasarullah menulis:Spek Teknis Hand Traktor dalam dokumen lelang mengarah ke produk tertentu ( yanmar) sehingga produk lain seperti kubota (Quick) atau mitsubishi (Iseki) tidak bisa ikut bersaing, ini merupakan penyimpangan dari Perpres 54 Tahun 2010 Lampiran II.A.2.b.3).b).(4).(b) menyatakan bahwa spesifikasi teknis barang tidak mengarah kepada merek/produk tertentu, kecuali untuk pengadaan suku cadang. Disamping itu juga melanggar Undang Undang No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Pasal 17 yaitu ; (1) Pelaku usaha dilarang melakukan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. (2) Pelaku usaha patut diduga atau dianggap melakukan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) apabila: a. barang dan atau jasa yang bersangkutan belum ada substitusinya; atau b. mengakibatkan pelaku usaha lain tidak dapat masuk ke dalam persaingan usaha barang dan atau jasa yang sama; atau c. satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha menguasai lebih dari 50% (lima puluh persen) pangsa pasar satu jenis barang atau jasa tertentu. Terhadap permasalahan diatas apakah tender bisa gagal karena dianggap ada penyimpangan/salah prosedur? mohon syaring ilmunya dari pakar2 pbj :phew: :o:


ini sudah biasa pak .... dalam tender genset juga sama... mereka membuat spek yang mengarah kepada satu produk tertentu..... dari type dan kode engine, tapi biasanya panitia mendapat info spek barang tersebut dari satu distributor atau hanya survey dari satu distribotur tidak mencari informasi dari distributor lainnya dan masih banyak lagi hal lainnya.... negatif nya mungkin sudah jadi pesanan penyedia lain :d: jangan heran pak :d: panitia juga manusia mungkin titipan dari atasannya atau menyangkut hal perut dan nafsu :d:

www.jatnikagenset.co.id
Avatar pengguna
jatnika
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 303
Bergabung: 19 Jan 2012, 03:03
Lokasi: jakarta

tulis komentar


Kembali ke Barang

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Google [Bot] dan 4 tamu