PENGADAAN LANGSUNG

Diskusi tentang pengadaan barang berdasarkan Perpres 54/2010
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
PostCOLON 4210
BergabungCOLON 30 Mar 2011, 21:26
LokasiCOLON DKI Jakarta
CONTACTCOLON

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh khalid » 15 Feb 2012, 05:40

Aris menulisColonYang terhormat Pak Guskun, Pak Khalid ataupun master2 pengadaan yang lain.., mohon pencerahannya pak...

terus terang sampai saat ini sy masih bingung menentukan Dokumen Pengadaan mana yang akan sy pakai.
(pekerjaan yg akan kami kerjakan adalah: Pemeliharaan Komputer, Pemeliharaan Printer, Pemeliharaan Genset, Pemeliharaan pompa air, pemeliharaan Tabung pemadam dan pemeliharan Rool opect) semua bernilai dibawah 100 juta dan jangka waktu pelaksanaan selama 1 tahun.

di forum sebelumnya info dari pak Guskun adalah bisa dipakai dengan Dokumen Pengadaan langsung barang dengan SPK, tp dari forum lain pak khalid menginfokan untuk pekerjaan kami diatas biasa digunakan dengan Dokumen Pengadaan langsung jasa lainnya dengan SPK..., dan setelah sy baca dgn telti SBD pengadaan langsung barang menggunakan SPK dan SBD pengadaan langsung jasa lainnya mengunakan SPK , ternyata lebih match SBD pengadaan langsung jasa lainnya mengunakan SPK (walaupun menurut sy lebih rumit drpada SBD pengadaan langsung barang menggunakan SPK )..

pertanyaannya :

Jenis Dokumen mana yg hrs saya pakai utk pekerjaan diatas...???

Mohon jawabannya Pak...., saya tunggu ya pak.., Terimakasih Banyak sebelumnya.


Saya sih mengembalikan kepada jenis pekerjaannya. Apabila pekerjaan tersebut membutuhkan keterampilan (Skillware), maka digolongkan kepada Jasa Lainnya. Adapun barang yang muncul di dalamnya adalah pendukung untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
====
Info PBJ terbaru silakan klik:
http://www.khalidmustafa.info
====

Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
PostCOLON 4210
BergabungCOLON 30 Mar 2011, 21:26
LokasiCOLON DKI Jakarta
CONTACTCOLON

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh khalid » 15 Feb 2012, 05:47

muhammad jepri menulisColonsalam hormat,
didalam pepres 54 2010 mengatakan tentang pengadaan langsung dan penunjukan langsung bahwa pengadaan langsung
dapat dilakukan oleh ULP/ pejabat pengadaan dibawah 100 juta dan utk konsultansi 50 jta.
sedangkan penunjukan langsung nilainya tidak terbatas, yang saya tanyakan apakah penunjukan langsung dilakukan oleh ULP/ pejabat pengadaan juga ?

terima kasih...


Pasal 16 ayat 1 dan 2

(1) Paket Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang bernilai paling tinggi Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dapat dilaksanakan oleh ULP atau 1 (satu) orang Pejabat Pengadaan.
(2) Paket Pengadaan Jasa Konsultansi yang bernilai paling tinggi Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dapat dilaksanakan oleh ULP atau 1 (satu) orang Pejabat Pengadaan.
3) Pengadaan Langsung dilaksanakan oleh 1 (satu) orang Pejabat Pengadaan.

Sepertinya pasal ini sudah jelas kok.
====
Info PBJ terbaru silakan klik:
http://www.khalidmustafa.info
====

Rahman Tunggal
Procurement Senior Lv. 1
Procurement Senior Lv. 1
PostCOLON 594
BergabungCOLON 10 Apr 2011, 08:02
CONTACTCOLON

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh Rahman Tunggal » 15 Feb 2012, 07:03

muhammad jepri menulisColonsalam hormat,
didalam pepres 54 2010 mengatakan tentang pengadaan langsung dan penunjukan langsung bahwa pengadaan langsung
dapat dilakukan oleh ULP/ pejabat pengadaan dibawah 100 juta dan utk konsultansi 50 jta.
sedangkan penunjukan langsung nilainya tidak terbatas, yang saya tanyakan apakah penunjukan langsung dilakukan oleh ULP/ pejabat pengadaan juga ?

terima kasih...


Penunjukan Langsung dilakukan oleh ULP/Pejabat pengadaan


Aris menulisColonYang terhormat Pak Guskun, Pak Khalid ataupun master2 pengadaan yang lain.., mohon pencerahannya pak...

terus terang sampai saat ini sy masih bingung menentukan Dokumen Pengadaan mana yang akan sy pakai.
(pekerjaan yg akan kami kerjakan adalah: Pemeliharaan Komputer, Pemeliharaan Printer, Pemeliharaan Genset, Pemeliharaan pompa air, pemeliharaan Tabung pemadam dan pemeliharan Rool opect) semua bernilai dibawah 100 juta dan jangka waktu pelaksanaan selama 1 tahun.

pertanyaannya :

Jenis Dokumen mana yg hrs saya pakai utk pekerjaan diatas...???
Mohon jawabannya Pak...., saya tunggu ya pak.., Terimakasih Banyak sebelumnya.


Pengertian pemeliharaan, tentu sesuatu yang SUDAH ADA, agar keberADAannya terpelihara oleh karenanya di lakukan pemeliharaan. Jadi lebih kepada Jasa Lainnya.
lihat penjelasan pasal 4 Perpres 54/2010. tentang bentuk pekerjaan JASA LAINNYA.


Jadi mengarah kepada Jasa Pemeliharaan Sedangkan jika BELUM ADA dan ingin diadakan mengandung pengertian BELUM ADA. Kalau yang sudah ada
Diskusi, merupakan PIGURA perbedaan, yang indah dan mengindahkan
http://aulakehidupan.blogspot.com/

abahnizar
Newbie
Newbie
PostCOLON 7
BergabungCOLON 14 Feb 2012, 17:09

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh abahnizar » 15 Feb 2012, 14:23

Slamat siang pak,
Mau tanya dan minta bimbingan nih. Ini di instansi kami ada anggaran untuk belanja keperluan sehari-hari perkantoran dengan total anggaran 35.000.000,-.
Kalau mengacu ke Satndar Biaya Umum dari depkeu, Belanja keperluan sehari-hari perkantoran kan mencakup ATK, Air minum Staf, Koran atau majalah dan Biaya cetak.

Nah, yang ingin saya tanyakan :

1. Apakah masih diperlukan SPK ? Mengingat besarannya diatas 10 jt,namun dalam pelaksanaannya, pengadaannya dilakukan tiap bulan mempertimbangkan efektif dan efisiennnua (pengadaan dilakukakan setelah ada permohonan dari staf2 yang memerlukan.

2. Kalau masih memerlukan SPK, teknis nya seperti apa ? Mengingat dalam belanja keperluan perkantoran disitu mencakup Atk, koran, air minum dan biaya cetak yang mana penyedia dari masing2 keperluan tersebut adalah berbeda2.

Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
PostCOLON 4210
BergabungCOLON 30 Mar 2011, 21:26
LokasiCOLON DKI Jakarta
CONTACTCOLON

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh khalid » 15 Feb 2012, 17:25

abahnizar menulisColonSlamat siang pak,
Mau tanya dan minta bimbingan nih. Ini di instansi kami ada anggaran untuk belanja keperluan sehari-hari perkantoran dengan total anggaran 35.000.000,-.
Kalau mengacu ke Satndar Biaya Umum dari depkeu, Belanja keperluan sehari-hari perkantoran kan mencakup ATK, Air minum Staf, Koran atau majalah dan Biaya cetak.

Nah, yang ingin saya tanyakan :

1. Apakah masih diperlukan SPK ? Mengingat besarannya diatas 10 jt,namun dalam pelaksanaannya, pengadaannya dilakukan tiap bulan mempertimbangkan efektif dan efisiennnua (pengadaan dilakukakan setelah ada permohonan dari staf2 yang memerlukan.

2. Kalau masih memerlukan SPK, teknis nya seperti apa ? Mengingat dalam belanja keperluan perkantoran disitu mencakup Atk, koran, air minum dan biaya cetak yang mana penyedia dari masing2 keperluan tersebut adalah berbeda2.



Sebagian dari belanja tersebut saya lihat merupakan biaya langganan daya dan jasa (Koran, air, dll) yang proses pembayarannya memiliki mekanisme sendiri-sendiri. Jadi jelas tidak bisa digabungkan dengan ATK, dll

Jadi, silakan dipisahkan dulu mana yang sifatnya langganan, dan lakukan proses pengadaan langsung melalui mekanisme masing-masing (biasanya pakai kuitansi) dan sisanya digunakan untuk barang habis pakai lainnya (ATK, dll)
====
Info PBJ terbaru silakan klik:
http://www.khalidmustafa.info
====

abahnizar
Newbie
Newbie
PostCOLON 7
BergabungCOLON 14 Feb 2012, 17:09

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh abahnizar » 15 Feb 2012, 20:32

khalid menulisColonSebagian dari belanja tersebut saya lihat merupakan biaya langganan daya dan jasa (Koran, air, dll) yang proses pembayarannya memiliki mekanisme sendiri-sendiri. Jadi jelas tidak bisa digabungkan dengan ATK, dll

Jadi, silakan dipisahkan dulu mana yang sifatnya langganan, dan lakukan proses pengadaan langsung melalui mekanisme masing-masing (biasanya pakai kuitansi) dan sisanya digunakan untuk barang habis pakai lainnya (ATK, dll)


Apa dengan kata lain sisa dari belanja yang sifatnya langganan ini yang dibuatkan SPK bila jumlahnya diatas 10 jt pak ?
Kalau alokasi anggaran untuk 1 tahun itu diatas 10 jt tapi pengadaannya dilakukan bertahap setiap bulan, masih tetap pakai SPK pak ?
Soalnya masih belum mudheng SPK ini buat sekali pengadaan langsung yang nilai nya di atas 10 juta saja atau berlaku juga untuk pengadaan langsung diatas 10 jt yang pelaksanaannya bertahap setiap bulan ?

Mohon bimbingannya pak. :hmm:

guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
PostCOLON 2305
BergabungCOLON 01 Apr 2011, 20:43
LokasiCOLON Jakarta, Surabaya
CONTACTCOLON

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh guskun » 16 Feb 2012, 06:07

khalid menulisColon
Aris menulisColonYang terhormat Pak Guskun, Pak Khalid ataupun master2 pengadaan yang lain.., mohon pencerahannya pak...

terus terang sampai saat ini sy masih bingung menentukan Dokumen Pengadaan mana yang akan sy pakai.
(pekerjaan yg akan kami kerjakan adalah: Pemeliharaan Komputer, Pemeliharaan Printer, Pemeliharaan Genset, Pemeliharaan pompa air, pemeliharaan Tabung pemadam dan pemeliharan Rool opect) semua bernilai dibawah 100 juta dan jangka waktu pelaksanaan selama 1 tahun.

di forum sebelumnya info dari pak Guskun adalah bisa dipakai dengan Dokumen Pengadaan langsung barang dengan SPK, tp dari forum lain pak khalid menginfokan untuk pekerjaan kami diatas biasa digunakan dengan Dokumen Pengadaan langsung jasa lainnya dengan SPK..., dan setelah sy baca dgn telti SBD pengadaan langsung barang menggunakan SPK dan SBD pengadaan langsung jasa lainnya mengunakan SPK , ternyata lebih match SBD pengadaan langsung jasa lainnya mengunakan SPK (walaupun menurut sy lebih rumit drpada SBD pengadaan langsung barang menggunakan SPK )..

pertanyaannya :

Jenis Dokumen mana yg hrs saya pakai utk pekerjaan diatas...???

Mohon jawabannya Pak...., saya tunggu ya pak.., Terimakasih Banyak sebelumnya.


Saya sih mengembalikan kepada jenis pekerjaannya. Apabila pekerjaan tersebut membutuhkan keterampilan (Skillware), maka digolongkan kepada Jasa Lainnya. Adapun barang yang muncul di dalamnya adalah pendukung untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.


Bisa jadi saya salah jawab karena kesilapan. Jika pekerjaanya pemeliharaan maka tsmk Jasa Lainnya dan dikenakan PPh pasal 23 sebesar 2%. Sementara utk Pengadaan Barang dikenanakan PPh pasal 22 sebesar 1,5%
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com

abahnizar
Newbie
Newbie
PostCOLON 7
BergabungCOLON 14 Feb 2012, 17:09

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh abahnizar » 17 Feb 2012, 05:51

Mau tanya pak,
Kalau alokasi anggaran untuk pengadaan ATK selama 1 tahun itu diatas 10 jt tapi pengadaannya dilakukan bertahap setiap bulan, masih tetap pakai SPK pak ?
Soalnya masih belum mudheng SPK ini buat sekali pengadaan langsung yang nilai nya di atas 10 juta saja atau berlaku juga untuk pengadaan langsung diatas 10 jt yang pelaksanaannya bertahap setiap bulan ?

Mohon bimbingannya pak. :hmm:

Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
PostCOLON 4210
BergabungCOLON 30 Mar 2011, 21:26
LokasiCOLON DKI Jakarta
CONTACTCOLON

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh khalid » 17 Feb 2012, 06:10

abahnizar menulisColonMau tanya pak,
Kalau alokasi anggaran untuk pengadaan ATK selama 1 tahun itu diatas 10 jt tapi pengadaannya dilakukan bertahap setiap bulan, masih tetap pakai SPK pak ?
Soalnya masih belum mudheng SPK ini buat sekali pengadaan langsung yang nilai nya di atas 10 juta saja atau berlaku juga untuk pengadaan langsung diatas 10 jt yang pelaksanaannya bertahap setiap bulan ?

Mohon bimbingannya pak. :hmm:


Kalau nilai setiap transaksi dibawah 10 juta, pakai kuitansi saja.

SPK digunakan kalau dalam sekali transaksi nilainya di atas 10 Juta
====
Info PBJ terbaru silakan klik:
http://www.khalidmustafa.info
====

abahnizar
Newbie
Newbie
PostCOLON 7
BergabungCOLON 14 Feb 2012, 17:09

Re: PENGADAAN LANGSUNG

Postoleh abahnizar » 17 Feb 2012, 06:15

khalid menulisColon
abahnizar menulisColonMau tanya pak,
Kalau alokasi anggaran untuk pengadaan ATK selama 1 tahun itu diatas 10 jt tapi pengadaannya dilakukan bertahap setiap bulan, masih tetap pakai SPK pak ?
Soalnya masih belum mudheng SPK ini buat sekali pengadaan langsung yang nilai nya di atas 10 juta saja atau berlaku juga untuk pengadaan langsung diatas 10 jt yang pelaksanaannya bertahap setiap bulan ?

Mohon bimbingannya pak. :hmm:


Kalau nilai setiap transaksi dibawah 10 juta, pakai kuitansi saja.

SPK digunakan kalau dalam sekali transaksi nilainya di atas 10 Juta


Trima kasih pak, jawaban yang mencerahkan..


Kembali ke

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: 1 dan 0 tamu