PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang Pekerjaan Konstruksi berdasarkan Perpres 54/2010

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh geuswie » 20 Sep 2012, 10:18

Apakah pekerjaan konstruksi terpengaruh jika pelaksanaanya sampai dengan akhir tahun anggaran belum selesai. menurut perpres 70 th 2012 apabila pekerjaan belum selesai sampai batas akhir waktu pelaksanaan maka bisa ditambah 50 hari untuk penyelesaian pelaksanan pekerjaannya, meskipun dengan tambahan 50 hari tersebut melampaui akhir masa anggaran atau kita sebut saja melampaui tanggal 31 desember 2012. apakah hal seperti itu berpengaruh terhadap pembiayaan di KPPN nantinya?. :huh:
geuswie
Newbie
Newbie
 
Post: 2
Bergabung: 19 Sep 2012, 08:53

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh aiririah » 20 Sep 2012, 13:24

geuswie menulis:Apakah pekerjaan konstruksi terpengaruh jika pelaksanaanya sampai dengan akhir tahun anggaran belum selesai. menurut perpres 70 th 2012 apabila pekerjaan belum selesai sampai batas akhir waktu pelaksanaan maka bisa ditambah 50 hari untuk penyelesaian pelaksanan pekerjaannya, meskipun dengan tambahan 50 hari tersebut melampaui akhir masa anggaran atau kita sebut saja melampaui tanggal 31 desember 2012. apakah hal seperti itu berpengaruh terhadap pembiayaan di KPPN nantinya?. :huh:

maksud 50 hari adalah denda keterlambatan maksimal 5%, dan bila belum selesai juga bisa putus kontrak langsung, denda sudah maksimal 5%. Berarti penyedia membayarkan dulu denda keterlambatan sebesar 5%, yang menjadi pertanyaan bila anggaran akhir tahun, biasanya jadi sisa mati, dan tidak bisa ditarik bila telah lewat 31 desember, jadi anggarannya disimpan dimana?
mottoku adalah : aiririah
Avatar pengguna
aiririah
Procurement Senior Lv. 2
Procurement Senior Lv. 2
 
Post: 1241
Bergabung: 10 Sep 2011, 10:46

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh eapryadi » 20 Sep 2012, 13:30

pekerjaan yg dilanjutkan ke tahun anggaran berikut dibebankan ke DIPA anggaran tahun berikutnya.
eapryadi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 470
Bergabung: 15 Jun 2012, 08:12

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh aiririah » 20 Sep 2012, 14:38

berarti kan pembayarannya akan terkendala walaupun siap 100% sebelum 50 hari, apalagi DIPA tidak jadi keluar, kan kacau :sick:
mottoku adalah : aiririah
Avatar pengguna
aiririah
Procurement Senior Lv. 2
Procurement Senior Lv. 2
 
Post: 1241
Bergabung: 10 Sep 2011, 10:46

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh eapryadi » 20 Sep 2012, 15:11

aiririah menulis:berarti kan pembayarannya akan terkendala walaupun siap 100% sebelum 50 hari, apalagi DIPA tidak jadi keluar, kan kacau :sick:

DIPA biasanya keluar akhir tahun, DIPA tidak jadi keluar maksudnya kegiatannya tidak ada dalam DIPA? maka bisa dilakukan revisi DIPA
eapryadi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 470
Bergabung: 15 Jun 2012, 08:12

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh aiririah » 21 Sep 2012, 06:13

Bagaimana jika didalam kontrak dikatakan dng nomor DIPA misalkan 35, diakibatkan karenakan hal diatas perpanjangan waktu pelaksanaan melewati tahun anggaran, sehingga nomor DIPA misalkan 39.
mottoku adalah : aiririah
Avatar pengguna
aiririah
Procurement Senior Lv. 2
Procurement Senior Lv. 2
 
Post: 1241
Bergabung: 10 Sep 2011, 10:46

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh eapryadi » 21 Sep 2012, 07:46

aiririah menulis:Bagaimana jika didalam kontrak dikatakan dng nomor DIPA misalkan 35, diakibatkan karenakan hal diatas perpanjangan waktu pelaksanaan melewati tahun anggaran, sehingga nomor DIPA misalkan 39.

betul, dalam addendum harus disebutkan perubahan sumber dananya.
eapryadi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 470
Bergabung: 15 Jun 2012, 08:12

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh aiririah » 21 Sep 2012, 09:59

eapryadi menulis:
aiririah menulis:Bagaimana jika didalam kontrak dikatakan dng nomor DIPA misalkan 35, diakibatkan karenakan hal diatas perpanjangan waktu pelaksanaan melewati tahun anggaran, sehingga nomor DIPA misalkan 39.

betul, dalam addendum harus disebutkan perubahan sumber dananya.

Bila dari DIPA bisa seperti hal tsb, tetapi bila dana APBD, dimana memakai DPA bagaimana? Sebab biasa nya DPA keluar bulan januari.
mottoku adalah : aiririah
Avatar pengguna
aiririah
Procurement Senior Lv. 2
Procurement Senior Lv. 2
 
Post: 1241
Bergabung: 10 Sep 2011, 10:46

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh eapryadi » 21 Sep 2012, 11:21

aiririah menulis:
eapryadi menulis:
aiririah menulis:Bagaimana jika didalam kontrak dikatakan dng nomor DIPA misalkan 35, diakibatkan karenakan hal diatas perpanjangan waktu pelaksanaan melewati tahun anggaran, sehingga nomor DIPA misalkan 39.

betul, dalam addendum harus disebutkan perubahan sumber dananya.

Bila dari DIPA bisa seperti hal tsb, tetapi bila dana APBD, dimana memakai DPA bagaimana? Sebab biasa nya DPA keluar bulan januari.

untuk APBD juga mengenal pekerjaan lanjutan ke tahun anggaran berikutnya, dengan teknis dan ketentuan berbeda dgn APBN
eapryadi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 470
Bergabung: 15 Jun 2012, 08:12

Re: PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN ANGGARAN

Postoleh aiririah » 21 Sep 2012, 16:57

eapryadi menulis:untuk APBD juga mengenal pekerjaan lanjutan ke tahun anggaran berikutnya, dengan teknis dan ketentuan berbeda dgn APBN

Itukan kontrak tahun jamak, tapi ini tahun tunggal.
mottoku adalah : aiririah
Avatar pengguna
aiririah
Procurement Senior Lv. 2
Procurement Senior Lv. 2
 
Post: 1241
Bergabung: 10 Sep 2011, 10:46

tulis komentar

Berikutnya

Kembali ke Pekerjaan Konstruksi

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 8 tamu