Jaminan Penawaran?

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang Pekerjaan Konstruksi berdasarkan Perpres 54/2010

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh kang_kedho » 28 Mei 2011, 09:30

Soalnya penawaran saya pernah digugurkan masalah Melampirkan Jaminan Penawaran dari Asuransi, Setelah saya sanggah, jawaban panitia : berpedoman dengan Dokemen Pengadaan Dan Kesepakatan Dalam Aanwijsing tetap menggunakan Jaminan Dari Bank Umum yang dituangkan dalam BA Penjelasan pekerjaan. Sehingga panitia berasumsi ketentuan jaminan penawaran tidak menyalahi perpres 54 tahun 2010. Ini Bagaimana Pak?
Matur Suwun
Avatar pengguna
kang_kedho
Newbie
Newbie
 
Post: 82
Bergabung: 31 Mar 2011, 07:29
Lokasi: Surabaya

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh max modi » 28 Mei 2011, 14:24

sebaiknya kalo memang udah dituangkan dalam BA aanwijing, maka hal itu harus di patuhi..karena apabila anda tidak hadir dalam Aanwijing, Kang_kedho berarti sepenuhnya menyetujui hasil Aanwijing,..
adalah sangat terlambat apabila baru pada saat digugurkan anda mempermasalahkan hal ini..kenapa tidak pada saat Aanwijing ?..
sekalian saya mau nanya,..melanggar pasal berapa apabila panitia meminta jaminan penawaran dan PPK meminta jaminan pelaksanaan yang dikeluarkan Oleh Bank ?
perlu diketahui,..khususnya untuk jaminan pelaksanaan,,masih ada kekhawatiran sebagian dari kami, apabila yang mengeluarkan Asuransi...terutama kalo ada apa-apa nantinya,...apa ngga susah urusannya ?
kebetulan saya baru mengikuti sosialisasi perpres di Palangkaraya pada tanggal 29 April 2011,..dan oleh Nara Sumber waktu Itu Bapak Kristijo dari Bapenas,..PPK diperbolehkan untuk menetapkan jaminan pelaksanaan /pemeliharaan dari Bank..
sekian,..mohon maaf sebelumnya apabila kurang berkenan.. :)
max modi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 01 Apr 2011, 05:32

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh Rusdiaman Tahir » 28 Mei 2011, 19:48

Asyiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik harus rajin ikut Aanwijzing, biar dalam berita Acaranya sekalian di tuangkan Nama-Nama perusahaan yang akan di tetapkan sebagai pemenang lelang, yang tidak ikut tidak boleh sanggah yah....awas ada berita acara aanwijzingnya panitia BOS... karena panitia adalah PANGLIMA Lelang Perpres tidak berlaku kalau sudah di tetapkan di B.A aanwijzing... :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
Rusdiaman Tahir
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 180
Bergabung: 31 Mar 2011, 07:56

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh max modi » 28 Mei 2011, 20:18

Pak Rusdiaman Thahir dan rekan-rekan yang lain..sekedar sharing...
seandainya Penawaran Kang_Kedho dimenangkan oleh panitia (karena Peringkat Terendah I) ,..terus Peringkat ke II dan lainnya menyanggah kepada panitia dengan alasan yang sama ,yakni Tertuang dalam BA Aanwizjing,..terus gimana Panitia Menjawab ?,..misalnya berlanjut ke Sanggah Banding,...keputusan tetap memenangkan Kang_kedho....berlanjut ke pengaduan,... kira-kira Nasib Panitia Bagaimana ?...
tentunya Panitia berada pada posisi yang sulit...
max modi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 01 Apr 2011, 05:32

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh kang_kedho » 28 Mei 2011, 20:21

Avatar pengguna
kang_kedho
Newbie
Newbie
 
Post: 82
Bergabung: 31 Mar 2011, 07:29
Lokasi: Surabaya

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh kang_kedho » 28 Mei 2011, 20:23

Rusdiaman Tahir menulis:Asyiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik harus rajin ikut Aanwijzing, biar dalam berita Acaranya sekalian di tuangkan Nama-Nama perusahaan yang akan di tetapkan sebagai pemenang lelang, yang tidak ikut tidak boleh sanggah yah....awas ada berita acara aanwijzingnya panitia BOS... karena panitia adalah PANGLIMA Lelang Perpres tidak berlaku kalau sudah di tetapkan di B.A aanwijzing... :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

Setuju sekalian Calon pemenangnya Ditetapkan Dlam Aanwijsing ... :lol: :D :roll:
Avatar pengguna
kang_kedho
Newbie
Newbie
 
Post: 82
Bergabung: 31 Mar 2011, 07:29
Lokasi: Surabaya

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh kang_kedho » 28 Mei 2011, 20:27

Avatar pengguna
kang_kedho
Newbie
Newbie
 
Post: 82
Bergabung: 31 Mar 2011, 07:29
Lokasi: Surabaya

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh khalid » 29 Mei 2011, 06:19

max modi menulis:sebaiknya kalo memang udah dituangkan dalam BA aanwijing, maka hal itu harus di patuhi..karena apabila anda tidak hadir dalam Aanwijing, Kang_kedho berarti sepenuhnya menyetujui hasil Aanwijing,..
adalah sangat terlambat apabila baru pada saat digugurkan anda mempermasalahkan hal ini..kenapa tidak pada saat Aanwijing ?..
sekalian saya mau nanya,..melanggar pasal berapa apabila panitia meminta jaminan penawaran dan PPK meminta jaminan pelaksanaan yang dikeluarkan Oleh Bank ?
perlu diketahui,..khususnya untuk jaminan pelaksanaan,,masih ada kekhawatiran sebagian dari kami, apabila yang mengeluarkan Asuransi...terutama kalo ada apa-apa nantinya,...apa ngga susah urusannya ?
kebetulan saya baru mengikuti sosialisasi perpres di Palangkaraya pada tanggal 29 April 2011,..dan oleh Nara Sumber waktu Itu Bapak Kristijo dari Bapenas,..PPK diperbolehkan untuk menetapkan jaminan pelaksanaan /pemeliharaan dari Bank..
sekian,..mohon maaf sebelumnya apabila kurang berkenan.. :)


Wah, narasumbernya sudah ikut TOT gak ???

Bisa gawat tuh kalau narasumber sendiri melanggar Perpres.

Kalau meminta dari bank, itu menurut saya boleh saja, namanya saja permintaan, tapi kalau ada peserta yang memasukkan dari Asuransi, ya tidak bisa digugurkan/ditolak, karena tertuang pada Pasal 67 Ayat 5.
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4178
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh max modi » 29 Mei 2011, 07:38

pada saat sosialisasi perpres kemaren yang ditanyakan peserta adalah Jaminan pelaksanaan pak,..kalo saya tidak salah tangkap; kira kira pemahaman saya begini,..." adalah hak dari PPK apabila PPK meminta jaminan pelaksanaan diminta dari Bank." ( dan biasanya rekanan manut aja kalau jaminan pelaksanaan diminta dari banK )...
nah dalam kasus ini saya coba samakan dengan Jaminan Penawaran..karena pada prinsipnya semua jaminan kedudukannya sama..
apabila memang sudah terlanjur tertuang dalam BA Anwizjing dan tidak ada Addendum Dok. Pemilihan bagaimana pak ?
saya rasa panitia dihadapkan pada buah simalakama...
sebagai panitia tentunya saya akan mematuhi ketentuan dalam Perpres 54 dengan tidak akan mewajibkan jaminan penawaran dari Bank..( kebetulan saya juga bukan panitia yang menggugurkan penawaran Kang_Kedho ) .. :lol:
max modi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 01 Apr 2011, 05:32

Re: Jaminan Penawaran?

Postoleh zend » 29 Mei 2011, 19:57

1. bahwa benar dokumen pengadaan dijadikan pedoman dalam proses pengadaan,
dan aanwijzing adalah wadah untuk menjelaskan isi dokumen pengadaan itu sendiri.

2. dalam dokumen pengadaan dan aanwijzing dilarang mengatur kembali hal2 yang sudah sangat jelas dalam norma perpes 54.

3. bahwa jaminan penawaran SANGAT JELAS diatur dalam perpes 54, (diterbitkan oleh bank umum, perus. penjamin atau perus. asuransi)
sehingga tidak boleh diinterpretasikan lain/ berbeda dlm dokumen pengadaan dan aanwijzing.

4. sehingga kesepakatan aanwijzing yang menetapkan jaminan penawaran hanya dari bank, adalah telah bertentangan dengan perpres 54.

5. tindakan panitia/ pokja telah salah dalam menentukan persyaratan jaminan penawaran tersebut.
•*´¨*•.¸¸.•*´¨*•.¸¸.•*´¨*•.¸¸.•*´¨*•.¸¸
- berbagi ilmu menambah pengetahuan - Gambar
zend
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 127
Bergabung: 07 Apr 2011, 10:27

tulis komentar

SebelumnyaBerikutnya

Kembali ke Pekerjaan Konstruksi

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu