sewa gedung kantor

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang Jasa Lainnya berdasarkan Perpres 54/2010

sewa gedung kantor

Postoleh Yudi Gunawan » 16 Mar 2012, 15:15

mohon penjelasan, apakah boleh dalam suatu perjanjian sewa kantor dilakukan langsung oleh PA/KPA dgn Pihak Pemilik gedung tsb ? dan tidak dilibatkannya PPK sebagaimana yg dipersyaratkan dalam Perpres 54 Tahun 2010 ?
Yudi Gunawan
Newbie
Newbie
 
Post: 6
Bergabung: 18 Feb 2012, 18:23
Lokasi: Bandung Jawa Barat

Re: sewa gedung kantor

Postoleh guskun » 17 Mar 2012, 07:10

Yudi Gunawan menulis:mohon penjelasan, apakah boleh dalam suatu perjanjian sewa kantor dilakukan langsung oleh PA/KPA dgn Pihak Pemilik gedung tsb ? dan tidak dilibatkannya PPK sebagaimana yg dipersyaratkan dalam Perpres 54 Tahun 2010 ?


kalau dikembalikan kepada aturan dasar UU Keuangan Negara, PA/KPA berwenang melakukan ikatan dengan pihak ke 3.
dalam pelaksanaan menurut Perpres 54/2010, jika PA/KPA sudah mengangkat PPK, maka kewenangan itu dilimpahkan kepada PPK.
proses pemilihan tidak melibatkan PPK, namun melibatkan Pejabat Pengadaan/Pokja ULP.
dengan pertimbangan terebut di atas, menurut saya tindakan PA/KPA sah sepanjang :
1) PA/KPA juga melaksanakan seluruh tugas PPK , utamanya menyusun spesifikasi teknis dan harga
2) Proses pemilihan dilakukan oleh Pejabat Pengadaan/Pokja ULP sesuai prosedur yang tersedia dalam Perpres 54/2010

namun demikian, buat apa diangkat PPK jika PA/KPA masih sibuk menandatangani kontrak
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com
guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
 
Post: 2305
Bergabung: 01 Apr 2011, 20:43
Lokasi: Jakarta, Surabaya

Re: sewa gedung kantor

Postoleh Yudi Gunawan » 17 Mar 2012, 10:06

ok,tank's mas Guskun, atas bantuan solusi ini sehingga ada gambaran dalam belanja sewa gedung dimaksud, bagi saya selaku ppk pada skpd ybs tadinya ada kehawatiran menjadi temuan, it helps me so much
Yudi Gunawan
Newbie
Newbie
 
Post: 6
Bergabung: 18 Feb 2012, 18:23
Lokasi: Bandung Jawa Barat

Re: sewa gedung kantor

Postoleh Hamdani agus » 24 Mar 2012, 13:38

ada baiknya diberikan pengertian ke PA/KPA, agar tidak terjadi tumpang tindih tugas, Jika telah menetapkan PPK, berarti telah dilakukan pendelegasian wewenang ke PPK.
hidup tanpa ilmu
bagai sibuta tanpa tongkat
Hamdani agus
Newbie
Newbie
 
Post: 70
Bergabung: 07 Jun 2011, 09:06
Lokasi: padangp

Re: sewa gedung kantor

Postoleh estirachmawati » 26 Mar 2012, 14:38

masi seputar sewa gedung kantor ni pak>>>
Dinas kami belum punya kantor permanen, karena kabupaten memang baru mekar selama 2 thun, sehingga tiap tahun kami selalu melakukan sewa gedung kantor dengan anggaran 29 jt mulai 1 jan -31 des.
namun demikian sampai masuk bulan maret ini belum ada sk pejabat pengadaan.. sehingga kami sudah menempati gedung kantor tanpa proses pengadaan . yang ingin saya tanyakan:
1. utk sewa gedung bolehkah melakukan proses penunjukan langsung pak?
2. mengingat DIPA baru disahkan bulan maret, bolehkah sewa gedung berlaku surut per januari sementra prosesnya baru dimulai bulan maret/april
3. Utk sewa gedung bolehkah sebatas perjanjian kontrak sebagai pendukung, tanpa ada penawaran.
Smoga bisa sgera dibalas pak...utk bisa mengurai benang kusut kebimbangan kami.
Thx's b4
posting.php?mode=reply&f=8&t=3051#
estirachmawati
Newbie
Newbie
 
Post: 4
Bergabung: 20 Des 2011, 05:03

Re: sewa gedung kantor

Postoleh cizz » 27 Mar 2012, 16:49

:hi: mohon infonya (saya pemula di dunia ULP ni):
kalau pengadaan sewa gedung kantor (1 tahun senilai 200 juta, gedung lama mau direhab) tata caranya mengikuti pengadaan langsung jasa lainnya ya?

:bow: terima kasih atas bantuan agan-agan semua...
cizz
Newbie
Newbie
 
Post: 3
Bergabung: 27 Mar 2012, 16:33

Re: sewa gedung kantor

Postoleh guskun » 28 Mar 2012, 03:15

estirachmawati menulis:masi seputar sewa gedung kantor ni pak>>>
Dinas kami belum punya kantor permanen, karena kabupaten memang baru mekar selama 2 thun, sehingga tiap tahun kami selalu melakukan sewa gedung kantor dengan anggaran 29 jt mulai 1 jan -31 des.
namun demikian sampai masuk bulan maret ini belum ada sk pejabat pengadaan.. sehingga kami sudah menempati gedung kantor tanpa proses pengadaan . yang ingin saya tanyakan:
1. utk sewa gedung bolehkah melakukan proses penunjukan langsung pak?
2. mengingat DIPA baru disahkan bulan maret, bolehkah sewa gedung berlaku surut per januari sementra prosesnya baru dimulai bulan maret/april
3. Utk sewa gedung bolehkah sebatas perjanjian kontrak sebagai pendukung, tanpa ada penawaran.
Smoga bisa sgera dibalas pak...utk bisa mengurai benang kusut kebimbangan kami.
Thx's b4
posting.php?mode=reply&f=8&t=3051#


1) pada prinsipnya utk sewa lanjutan, bisa dilakukan dengan penunjukan langsung.
2) meskipun DIPA disahkan Maret, namun DIPA tsb akan tertulis berlaku mulai 1 Januari
3) pada web konsultansi LKPP, diberikan solusi utk pekerjaan yang karena sifatnya tidak bisa dihentikan, dengan surat pernyataan dari PA atau KPA. Oleh karena itu, solusinya menurut saya :
a) PA/KPA membuat surat pernyataan per 1 Januari bahwa sewa dilanjutkan , dan siap menanggung segala resikonya. Ini memang tidak ada dalam aturan baku, namun harus dilakukan karena tuntutan jabatan dan tuntutan operasional kantor yang tidak bs dihentikan.
b) Proses penunjukan langsung bisa dimulai , namun tidak dilakukan penandatanganan kontrak
c) setelah DIPA disahkan, dilakukan penandatanganan kontrak. Kontrak berlaku per 1 Januari , karena DIPA nya juga berlaku per 1 Januari.
d) jaga prinsip-prinsip pengadaan .....
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com
guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
 
Post: 2305
Bergabung: 01 Apr 2011, 20:43
Lokasi: Jakarta, Surabaya

Re: sewa gedung kantor

Postoleh Yudi Gunawan » 29 Mar 2012, 22:06

pak.guskun,mohon saran dan masukannya terkait dengan sewa gedung kantor, kalau melakukan kontrak tapi masa kontrakterhitung bulan september 2011 sampai agustus 2012, apakah perjanjian itu tidak menyalahi kontrak ? trim's
Yudi Gunawan
Newbie
Newbie
 
Post: 6
Bergabung: 18 Feb 2012, 18:23
Lokasi: Bandung Jawa Barat

Re: sewa gedung kantor

Postoleh guskun » 29 Mar 2012, 22:20

Yudi Gunawan menulis:pak.guskun,mohon saran dan masukannya terkait dengan sewa gedung kantor, kalau melakukan kontrak tapi masa kontrakterhitung bulan september 2011 sampai agustus 2012, apakah perjanjian itu tidak menyalahi kontrak ? trim's


karena anggarannya bukan tahun jamak, maka pada tahun 2012 harus dibuat kontrak baru.
karena perpanjangan sewa bisa penunjukan langsung, maka konrak 2012 bisa dibuat berlaku sampai desember 2012 (jika memang dibutuhkan sampai akhir tahun)
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com
guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
 
Post: 2305
Bergabung: 01 Apr 2011, 20:43
Lokasi: Jakarta, Surabaya

Re: sewa gedung kantor

Postoleh titamkw » 02 Agt 2012, 13:57

sewa gedung kantor lanjutan, apa bisa di sewa selama 2 tahun ke depan karena sudah ada dananya di dlam DIPA.
titamkw
Newbie
Newbie
 
Post: 2
Bergabung: 23 Nov 2011, 14:10

tulis komentar

Berikutnya

Kembali ke Jasa Lainnya

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu

cron