sewa gedung kantor

Diskusi tentang Jasa Lainnya berdasarkan Perpres 54/2010
Yudi Gunawan
Newbie
Newbie
PostCOLON 6
BergabungCOLON 18 Feb 2012, 18:23
LokasiCOLON Bandung Jawa Barat
CONTACTCOLON

sewa gedung kantor

Postoleh Yudi Gunawan » 16 Mar 2012, 15:15

mohon penjelasan, apakah boleh dalam suatu perjanjian sewa kantor dilakukan langsung oleh PA/KPA dgn Pihak Pemilik gedung tsb ? dan tidak dilibatkannya PPK sebagaimana yg dipersyaratkan dalam Perpres 54 Tahun 2010 ?

guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
PostCOLON 2305
BergabungCOLON 01 Apr 2011, 20:43
LokasiCOLON Jakarta, Surabaya
CONTACTCOLON

Re: sewa gedung kantor

Postoleh guskun » 17 Mar 2012, 07:10

Yudi Gunawan menulisColonmohon penjelasan, apakah boleh dalam suatu perjanjian sewa kantor dilakukan langsung oleh PA/KPA dgn Pihak Pemilik gedung tsb ? dan tidak dilibatkannya PPK sebagaimana yg dipersyaratkan dalam Perpres 54 Tahun 2010 ?


kalau dikembalikan kepada aturan dasar UU Keuangan Negara, PA/KPA berwenang melakukan ikatan dengan pihak ke 3.
dalam pelaksanaan menurut Perpres 54/2010, jika PA/KPA sudah mengangkat PPK, maka kewenangan itu dilimpahkan kepada PPK.
proses pemilihan tidak melibatkan PPK, namun melibatkan Pejabat Pengadaan/Pokja ULP.
dengan pertimbangan terebut di atas, menurut saya tindakan PA/KPA sah sepanjang :
1) PA/KPA juga melaksanakan seluruh tugas PPK , utamanya menyusun spesifikasi teknis dan harga
2) Proses pemilihan dilakukan oleh Pejabat Pengadaan/Pokja ULP sesuai prosedur yang tersedia dalam Perpres 54/2010

namun demikian, buat apa diangkat PPK jika PA/KPA masih sibuk menandatangani kontrak
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com

Yudi Gunawan
Newbie
Newbie
PostCOLON 6
BergabungCOLON 18 Feb 2012, 18:23
LokasiCOLON Bandung Jawa Barat
CONTACTCOLON

Re: sewa gedung kantor

Postoleh Yudi Gunawan » 17 Mar 2012, 10:06

ok,tank's mas Guskun, atas bantuan solusi ini sehingga ada gambaran dalam belanja sewa gedung dimaksud, bagi saya selaku ppk pada skpd ybs tadinya ada kehawatiran menjadi temuan, it helps me so much

Hamdani agus
Newbie
Newbie
PostCOLON 71
BergabungCOLON 07 Jun 2011, 09:06
LokasiCOLON padangp

Re: sewa gedung kantor

Postoleh Hamdani agus » 24 Mar 2012, 13:38

ada baiknya diberikan pengertian ke PA/KPA, agar tidak terjadi tumpang tindih tugas, Jika telah menetapkan PPK, berarti telah dilakukan pendelegasian wewenang ke PPK.
hidup tanpa ilmu
bagai sibuta tanpa tongkat

estirachmawati
Newbie
Newbie
PostCOLON 4
BergabungCOLON 20 Des 2011, 05:03

Re: sewa gedung kantor

Postoleh estirachmawati » 26 Mar 2012, 14:38

masi seputar sewa gedung kantor ni pak>>>
Dinas kami belum punya kantor permanen, karena kabupaten memang baru mekar selama 2 thun, sehingga tiap tahun kami selalu melakukan sewa gedung kantor dengan anggaran 29 jt mulai 1 jan -31 des.
namun demikian sampai masuk bulan maret ini belum ada sk pejabat pengadaan.. sehingga kami sudah menempati gedung kantor tanpa proses pengadaan . yang ingin saya tanyakan:
1. utk sewa gedung bolehkah melakukan proses penunjukan langsung pak?
2. mengingat DIPA baru disahkan bulan maret, bolehkah sewa gedung berlaku surut per januari sementra prosesnya baru dimulai bulan maret/april
3. Utk sewa gedung bolehkah sebatas perjanjian kontrak sebagai pendukung, tanpa ada penawaran.
Smoga bisa sgera dibalas pak...utk bisa mengurai benang kusut kebimbangan kami.
Thx's b4
posting.php?mode=reply&f=8&t=3051#

cizz
Newbie
Newbie
PostCOLON 3
BergabungCOLON 27 Mar 2012, 16:33

Re: sewa gedung kantor

Postoleh cizz » 27 Mar 2012, 16:49

:hi: mohon infonya (saya pemula di dunia ULP ni):
kalau pengadaan sewa gedung kantor (1 tahun senilai 200 juta, gedung lama mau direhab) tata caranya mengikuti pengadaan langsung jasa lainnya ya?

:bow: terima kasih atas bantuan agan-agan semua...

guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
PostCOLON 2305
BergabungCOLON 01 Apr 2011, 20:43
LokasiCOLON Jakarta, Surabaya
CONTACTCOLON

Re: sewa gedung kantor

Postoleh guskun » 28 Mar 2012, 03:15

estirachmawati menulisColonmasi seputar sewa gedung kantor ni pak>>>
Dinas kami belum punya kantor permanen, karena kabupaten memang baru mekar selama 2 thun, sehingga tiap tahun kami selalu melakukan sewa gedung kantor dengan anggaran 29 jt mulai 1 jan -31 des.
namun demikian sampai masuk bulan maret ini belum ada sk pejabat pengadaan.. sehingga kami sudah menempati gedung kantor tanpa proses pengadaan . yang ingin saya tanyakan:
1. utk sewa gedung bolehkah melakukan proses penunjukan langsung pak?
2. mengingat DIPA baru disahkan bulan maret, bolehkah sewa gedung berlaku surut per januari sementra prosesnya baru dimulai bulan maret/april
3. Utk sewa gedung bolehkah sebatas perjanjian kontrak sebagai pendukung, tanpa ada penawaran.
Smoga bisa sgera dibalas pak...utk bisa mengurai benang kusut kebimbangan kami.
Thx's b4
posting.php?mode=reply&f=8&t=3051#


1) pada prinsipnya utk sewa lanjutan, bisa dilakukan dengan penunjukan langsung.
2) meskipun DIPA disahkan Maret, namun DIPA tsb akan tertulis berlaku mulai 1 Januari
3) pada web konsultansi LKPP, diberikan solusi utk pekerjaan yang karena sifatnya tidak bisa dihentikan, dengan surat pernyataan dari PA atau KPA. Oleh karena itu, solusinya menurut saya :
a) PA/KPA membuat surat pernyataan per 1 Januari bahwa sewa dilanjutkan , dan siap menanggung segala resikonya. Ini memang tidak ada dalam aturan baku, namun harus dilakukan karena tuntutan jabatan dan tuntutan operasional kantor yang tidak bs dihentikan.
b) Proses penunjukan langsung bisa dimulai , namun tidak dilakukan penandatanganan kontrak
c) setelah DIPA disahkan, dilakukan penandatanganan kontrak. Kontrak berlaku per 1 Januari , karena DIPA nya juga berlaku per 1 Januari.
d) jaga prinsip-prinsip pengadaan .....
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com

Yudi Gunawan
Newbie
Newbie
PostCOLON 6
BergabungCOLON 18 Feb 2012, 18:23
LokasiCOLON Bandung Jawa Barat
CONTACTCOLON

Re: sewa gedung kantor

Postoleh Yudi Gunawan » 29 Mar 2012, 22:06

pak.guskun,mohon saran dan masukannya terkait dengan sewa gedung kantor, kalau melakukan kontrak tapi masa kontrakterhitung bulan september 2011 sampai agustus 2012, apakah perjanjian itu tidak menyalahi kontrak ? trim's

guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
PostCOLON 2305
BergabungCOLON 01 Apr 2011, 20:43
LokasiCOLON Jakarta, Surabaya
CONTACTCOLON

Re: sewa gedung kantor

Postoleh guskun » 29 Mar 2012, 22:20

Yudi Gunawan menulisColonpak.guskun,mohon saran dan masukannya terkait dengan sewa gedung kantor, kalau melakukan kontrak tapi masa kontrakterhitung bulan september 2011 sampai agustus 2012, apakah perjanjian itu tidak menyalahi kontrak ? trim's


karena anggarannya bukan tahun jamak, maka pada tahun 2012 harus dibuat kontrak baru.
karena perpanjangan sewa bisa penunjukan langsung, maka konrak 2012 bisa dibuat berlaku sampai desember 2012 (jika memang dibutuhkan sampai akhir tahun)
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com

titamkw
Newbie
Newbie
PostCOLON 2
BergabungCOLON 23 Nov 2011, 14:10

Re: sewa gedung kantor

Postoleh titamkw » 02 Agt 2012, 13:57

sewa gedung kantor lanjutan, apa bisa di sewa selama 2 tahun ke depan karena sudah ada dananya di dlam DIPA.


Kembali ke

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: 2 dan 0 tamu