Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 54/2010, dan lain-lain

Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh Noer » 13 Okt 2011, 22:14

Di dalam SBD ada klausul tentang Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak (PPPK) yang diangkat oleh PA/KPA atas uslulan PPK.
Mohon penjelasan dari pakar pengadaan B/J, :
1. apakah tugas PPPK tersebut bersipat administratif ataukah operasional (fisik)?
2. apakah personil PPPK tersebut wajib dari K/L/D/I (PNS) ataukah bisa dari kalangan profesional (Non PNS) ?
3. karena sipatnya usulan, apakah tugasnya hanya meneliti kontrak berjalan atau ada fungsi lain ?

Mohon dicerahkan, terima kasih.
Noer
Newbie
Newbie
 
Post: 7
Bergabung: 22 Apr 2011, 23:13

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh Benny » 13 Okt 2011, 22:33

Yang pernah saya alami...
Lebih kepada penelitian detail, koreksi dan kelengkapan adm dari proses awal hingga akhir administrasi proyek pasca pelaksanaan pekerjaan, ...seperti tim audit independent oleh PPK meneliti isi semua dokumen dan kelengkapan pelaporan dan data pendukung lainnya setelah serah terima pekerjaan I. Penelitian hingga isi laporan harian tentang penggunaan bahan apakah sesuai dengan volume yang tertera pada kontrak. Yang pernah saya alami personilnya PNS
Mungkin ada tambahan lain dari yang lebih senior...silahkan
Avatar pengguna
Benny
Procurement Senior Lv. 1
Procurement Senior Lv. 1
 
Post: 513
Bergabung: 01 Apr 2011, 11:32
Lokasi: Kubu Raya (Kal-Bar)

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh AOC » 14 Okt 2011, 06:08

Noer menulis:Di dalam SBD ada klausul tentang Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak (PPPK) yang diangkat oleh PA/KPA atas uslulan PPK.
Mohon penjelasan dari pakar pengadaan B/J, :
1. apakah tugas PPPK tersebut bersipat administratif ataukah operasional (fisik)?
2. apakah personil PPPK tersebut wajib dari K/L/D/I (PNS) ataukah bisa dari kalangan profesional (Non PNS) ?
3. karena sipatnya usulan, apakah tugasnya hanya meneliti kontrak berjalan atau ada fungsi lain ?

Mohon dicerahkan, terima kasih.


Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak mempunyai tugas dan fungsi yang sangat siginifikan pada pelaksanaan kontrak walaupun mungkin sifat ad-hoc. Apabila terjadi perubahan kegiatan pekerjaan, disinilah dibutuhkan Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak. Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak merupakan personil atau tim yang ditunjuk oleh Pengguna Barang/Jasa sebagai wakilnya yang bertanggung jawab atas pelaksanaan evaluasi atau penelitian dalam pemeriksaan bersama dalam hal memperbandingkan ketentuan atau spesifikasi dalam kontrak untuk disesuaikan dengan kondisi yang ada. Dalam hal pekerjaan konstruksi Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak sebagai wakil Pengguna Jasa bersama dengan Direksi Teknis dan Penyedia Jasa melaksanakan pemeriksaan lapangan bersama dengan melakukan pengukuran dan pemeriksaan detail kondisi lapangan untuk menetapkan kuantitas awal untuk setiap kegiatan atau mata pembayaran. Jika hasil-hasil pemeriksaan bersama mengakibatkan perubahan isi kontrak, maka Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak meneliti apakah perubahan kontrak tersebut perlu dilakukan.

Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak dapat dibentuk oleh Pengguna Jasa setelah kontrak ditandatangani, terdiri dari unsur-unsur :
1. Perencanaan Teknis;
2. Pelaksanaan Lapangan;
3. Pengawasan Lapangan;
4. Administrasi Kontrak;
5. Terkait lainnya yang dipandang perlu (misalnya : keuangan, pengujian dan atasan langsung)

Unsur-unsur diatas disesuaikan dengan unit-unit kerja yang mewakili unsur diatas.

Tugas Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak adalah :
1. Meneliti apabila terjadi perubahan kontrak yang sifatnya mendasar, antara lain seperti : desain dan spesifikasi, kuantitas, biaya, waktu pelaksanaan dan lain-lain yang dipandang perlu.
2. Membuat Berita Acara hasil penelitian.
3. Mengusulkan saran dan tindak lanjut yang perlu dilakukan kepada Pengguna Jasa atas penelitian tersebut butir 1.
Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak bekerja atas permintaan Pengguna Jasa dan tugasnya berakhir setelah Serah Terima Akhir Pekerjaan (FHO)

Semoga berkenan.
Terima kasih.
AOC
Avatar pengguna
AOC
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 17 Sep 2011, 18:32
Lokasi: Jakarta Timur

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh guskun » 14 Okt 2011, 09:29

Pak AOC,

Apakah Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak itu istilah lain dari Direksi Pekerjaan atau Direksi Lapangan ?
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com
guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
 
Post: 2305
Bergabung: 01 Apr 2011, 20:43
Lokasi: Jakarta, Surabaya

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh Noer » 14 Okt 2011, 09:51

guskun menulis:Pak AOC,

Apakah Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak itu istilah lain dari Direksi Pekerjaan atau Direksi Lapangan ?


Benar pak Guskun, saya juga mau mempertanyakan hal yang sama.
Hal ini terkait dengan pengawas lapangan, jangan sampai tumpang tindih dalam hal tugas dan tanggungjawab.

Terima kasih atas segala penjelasan, dan masukan pak Benny, Pak AOC dan Pak Guskun. Mungkin ada tambahan lain ? ngarepdotcodotaidi
Noer
Newbie
Newbie
 
Post: 7
Bergabung: 22 Apr 2011, 23:13

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh AOC » 14 Okt 2011, 12:21

guskun menulis:Pak AOC,

Apakah Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak itu istilah lain dari Direksi Pekerjaan atau Direksi Lapangan ?


Bukan Pak Gus, karena Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak biasanya beranggotakan 5 (lima) orang.
Terima kasih.
AOC
Avatar pengguna
AOC
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 17 Sep 2011, 18:32
Lokasi: Jakarta Timur

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh guskun » 14 Okt 2011, 13:40

AOC menulis:
guskun menulis:Pak AOC,

Apakah Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak itu istilah lain dari Direksi Pekerjaan atau Direksi Lapangan ?


Bukan Pak Gus, karena Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak biasanya beranggotakan 5 (lima) orang.


Kalau Diresksi pekerjaan itu siapa pak ?
Happy Procure !!!

http://guskun.com, PERTAMA menyediakan newslatter mingguan, terhubung ke seluruh social media
http://bukutender.com
http://www.carajawab.com/?id=guskun
URGENT : guskun@pengadaan.org or info@guskun.com
guskun
Procurement Specialist
Procurement Specialist
 
Post: 2305
Bergabung: 01 Apr 2011, 20:43
Lokasi: Jakarta, Surabaya

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh AOC » 14 Okt 2011, 18:16

guskun menulis:
AOC menulis:
guskun menulis:Pak AOC,

Apakah Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak itu istilah lain dari Direksi Pekerjaan atau Direksi Lapangan ?


Bukan Pak Gus, karena Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak biasanya beranggotakan 5 (lima) orang.


Kalau Diresksi pekerjaan itu siapa pak ?


Direksi Pekerjaan adalah Pengawas Lapangan yang ditunjuk oleh PPK sebagai wakilnya di Lapangan
Direksi Pekerjaan juga tidak termasuk sebagai anggota Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak.

Demikian Pak.
Terima kasih.
AOC
Avatar pengguna
AOC
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 414
Bergabung: 17 Sep 2011, 18:32
Lokasi: Jakarta Timur

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh Budjang Budiman » 14 Okt 2011, 22:49

AOC menulis:
Noer menulis:Di dalam SBD ada klausul tentang Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak (PPPK) yang diangkat oleh PA/KPA atas uslulan PPK.
Mohon penjelasan dari pakar pengadaan B/J, :
1. apakah tugas PPPK tersebut bersipat administratif ataukah operasional (fisik)?
2. apakah personil PPPK tersebut wajib dari K/L/D/I (PNS) ataukah bisa dari kalangan profesional (Non PNS) ?
3. karena sipatnya usulan, apakah tugasnya hanya meneliti kontrak berjalan atau ada fungsi lain ?

Mohon dicerahkan, terima kasih.


Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak mempunyai tugas dan fungsi yang sangat siginifikan pada pelaksanaan kontrak walaupun mungkin sifat ad-hoc. Apabila terjadi perubahan kegiatan pekerjaan, disinilah dibutuhkan Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak. Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak merupakan personil atau tim yang ditunjuk oleh Pengguna Barang/Jasa sebagai wakilnya yang bertanggung jawab atas pelaksanaan evaluasi atau penelitian dalam pemeriksaan bersama dalam hal memperbandingkan ketentuan atau spesifikasi dalam kontrak untuk disesuaikan dengan kondisi yang ada. Dalam hal pekerjaan konstruksi Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak sebagai wakil Pengguna Jasa bersama dengan Direksi Teknis dan Penyedia Jasa melaksanakan pemeriksaan lapangan bersama dengan melakukan pengukuran dan pemeriksaan detail kondisi lapangan untuk menetapkan kuantitas awal untuk setiap kegiatan atau mata pembayaran. Jika hasil-hasil pemeriksaan bersama mengakibatkan perubahan isi kontrak, maka Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak meneliti apakah perubahan kontrak tersebut perlu dilakukan.

Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak dapat dibentuk oleh Pengguna Jasa setelah kontrak ditandatangani, terdiri dari unsur-unsur :
1. Perencanaan Teknis;
2. Pelaksanaan Lapangan;
3. Pengawasan Lapangan;
4. Administrasi Kontrak;
5. Terkait lainnya yang dipandang perlu (misalnya : keuangan, pengujian dan atasan langsung)

Unsur-unsur diatas disesuaikan dengan unit-unit kerja yang mewakili unsur diatas.

Tugas Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak adalah :
1. Meneliti apabila terjadi perubahan kontrak yang sifatnya mendasar, antara lain seperti : desain dan spesifikasi, kuantitas, biaya, waktu pelaksanaan dan lain-lain yang dipandang perlu.
2. Membuat Berita Acara hasil penelitian.
3. Mengusulkan saran dan tindak lanjut yang perlu dilakukan kepada Pengguna Jasa atas penelitian tersebut butir 1.
Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak bekerja atas permintaan Pengguna Jasa dan tugasnya berakhir setelah Serah Terima Akhir Pekerjaan (FHO)

Semoga berkenan.


Penjelasan Bapak AOC sudah benar, karena hampir sama dengan panitia peneliti pelaksanaan kontrak di tempat saya, cuma ada tambahan yaitu termasuk negosiasi harga satuan timpang jika terjadi penambahan kuantitas yang harga satuannnya timpang diatas 11o% HPS. dan pengawas lapangan tidak digunakan, hanya Direksi Teknis, itupun sebagai anggota tidak tetap, karena masing masing paket pekerjaan biasanya beda Direksi Teknis.( mungkin saja di tempat lain beda ) he he...
Avatar pengguna
Budjang Budiman
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 318
Bergabung: 01 Jun 2011, 11:55
Lokasi: Pontianak Kalimantan Barat

Re: Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak

Postoleh Budjang Budiman » 14 Okt 2011, 23:21

guskun menulis:
AOC menulis:
guskun menulis:Pak AOC,

Apakah Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak itu istilah lain dari Direksi Pekerjaan atau Direksi Lapangan ?


Bukan Pak Gus, karena Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak biasanya beranggotakan 5 (lima) orang.


Kalau Diresksi pekerjaan itu siapa pak ?


1. Direksi Pekerjaan, dijabat Pengguna Jasa, dapat dijabat orang lain yang ditetapkan Pengguna Jasa, dapat mendelegasikan sebagian tugas kepada Direksi Teknis;
2. Direksi Teknis ditetapkan oleh Pengguna Jasa, terdiri dari Konsultan Supervisi, atau Petugas Kantor, Satuan Kerja untuk mengawasi pekerjaan;
3. Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak dpt dibentuk pengguna jasa setelah kontrak ditandatangani (perencanaan teknis, pelaksana lapangan, administrasi teknis, dll); tugas: penelitian pelaksanaan kontrak bila ada perubahan yang mendasar (desain, spesifikasi, volume/kuantitas, biaya, waktu pelaksanaan, dll), membuat BA hasil penelitian, mengusulkan saran/tindak lanjut kepada Pengguna Jasa.
( maaf .. pernah baca sumber nya, tapi lupa dimana... ) he he.
Avatar pengguna
Budjang Budiman
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 318
Bergabung: 01 Jun 2011, 11:55
Lokasi: Pontianak Kalimantan Barat

tulis komentar

Berikutnya

Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu

cron