Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PERPRES

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 54/2010, dan lain-lain

Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PERPRES

Postoleh affanardiyanto » 04 Jan 2012, 08:47

Selamat pagi rekan-rekan yang terhormat,
Mohon pencerahannya untuk syrat-syarat menjadi Panitia Pengadaan secara LEngkap,,,karena Kami sulit menemukan syarat-syarat yang lengkap.
Mohon bantuannya, Terima kasih
affanardiyanto
Newbie
Newbie
 
Post: 11
Bergabung: 15 Agt 2011, 13:49

Re: Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PER

Postoleh khalid » 04 Jan 2012, 12:56

affanardiyanto menulis:Selamat pagi rekan-rekan yang terhormat,
Mohon pencerahannya untuk syrat-syarat menjadi Panitia Pengadaan secara LEngkap,,,karena Kami sulit menemukan syarat-syarat yang lengkap.
Mohon bantuannya, Terima kasih


Silakan dibaca Pasal 17 Perpres 54/2010
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4188
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PER

Postoleh lassadad » 15 Jan 2012, 13:05

khalid menulis:
affanardiyanto menulis:Selamat pagi rekan-rekan yang terhormat,
Mohon pencerahannya untuk syrat-syarat menjadi Panitia Pengadaan secara LEngkap,,,karena Kami sulit menemukan syarat-syarat yang lengkap.
Mohon bantuannya, Terima kasih


Silakan dibaca Pasal 17 Perpres 54/2010


Salam kenal pak khalid dan rekan semua.
membaca pasal di atas, berarti panitia pengadaan disyaratkan harus punya sertifikat keahlian PBJ dari LKPP.
Kasus di satker kami (dimana satker baru yang memisahkan diri dari induknya di 2012 ini), yang punya sertifikat cuma 2 dengan posisi 1 orang sedang tugas belajar (ya jadi tinggal 1 orang yang aktif).

Rencana semula (A), untuk pengadaan kami akan meminta tulung SDM dari satker induk, cuma ternyata SDM di satker induk sendiri untuk yang PBJ sudah tidak banyak yang lowong posisinya (karena ada banyak yang tubel, posisi per 2012 jadi PPK, dll).
Mau minta tulung induknya induk, terlalu jauh posisinya (rentan komunikasi dan koordinasi kurang lancar di kemudian hari *khas oknum).

Rencana berikutnya (B), akhirnya SDM yang ada di satker kami, dibuatkan SK menjadi panitia (dengan posisi jadi anggota); dengan catatan berat bahwa ybs harus ikut dan lulus sertifikasi awal-awal tahun ini.
Mohon masukan, apakah kondisi seperti ini legal dan "aman2" saja, baik untuk sekarang maupun di kemudian hari.

Jika kondisi di atas (B) tidak legal, bisa jadi rencana semula (A) akan dilaksanakan, namun dengan pelaksanaan kemungkinan besar SDM dari satker induk sebatas pasang nama (tim hore gitulah kira-kira).

Mohon masukan dan saran.
Thanks
~~
Luthfi Assadad
http://luthfi.web.id
rekans, cmiiw yaaaaaa.......
Avatar pengguna
lassadad
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 310
Bergabung: 13 Jan 2012, 17:26
Lokasi: J o g j a

Re: Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PER

Postoleh khalid » 15 Jan 2012, 13:09

lassadad menulis:
khalid menulis:
affanardiyanto menulis:Selamat pagi rekan-rekan yang terhormat,
Mohon pencerahannya untuk syrat-syarat menjadi Panitia Pengadaan secara LEngkap,,,karena Kami sulit menemukan syarat-syarat yang lengkap.
Mohon bantuannya, Terima kasih


Silakan dibaca Pasal 17 Perpres 54/2010


Salam kenal pak khalid dan rekan semua.
membaca pasal di atas, berarti panitia pengadaan disyaratkan harus punya sertifikat keahlian PBJ dari LKPP.
Kasus di satker kami (dimana satker baru yang memisahkan diri dari induknya di 2012 ini), yang punya sertifikat cuma 2 dengan posisi 1 orang sedang tugas belajar (ya jadi tinggal 1 orang yang aktif).

Rencana semula (A), untuk pengadaan kami akan meminta tulung SDM dari satker induk, cuma ternyata SDM di satker induk sendiri untuk yang PBJ sudah tidak banyak yang lowong posisinya (karena ada banyak yang tubel, posisi per 2012 jadi PPK, dll).
Mau minta tulung induknya induk, terlalu jauh posisinya (rentan komunikasi dan koordinasi kurang lancar di kemudian hari *khas oknum).

Rencana berikutnya (B), akhirnya SDM yang ada di satker kami, dibuatkan SK menjadi panitia (dengan posisi jadi anggota); dengan catatan berat bahwa ybs harus ikut dan lulus sertifikasi awal-awal tahun ini.
Mohon masukan, apakah kondisi seperti ini legal dan "aman2" saja, baik untuk sekarang maupun di kemudian hari.

Jika kondisi di atas (B) tidak legal, bisa jadi rencana semula (A) akan dilaksanakan, namun dengan pelaksanaan kemungkinan besar SDM dari satker induk sebatas pasang nama (tim hore gitulah kira-kira).

Mohon masukan dan saran.
Thanks


Apakah tidak bisa menggunakan panitia dari satker terdekat? Gak harus dengan induk-indukan. Misalnya dari kabupaten/kota setempat?
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4188
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PER

Postoleh q1nsq » 10 Apr 2012, 18:14

ketua panitia yang di angkat lewat SK tidak lulus dalam ujian dan tidak berhasil mendapat Sertifikat.
- Apakah panitia tersebut dapat melanjutkan pekerjaan sebagai ketua dan mengadakan lelang ?
- Apabila lelang sudah terlaksana baru di ketahui bahwa Ketua Panitia tersebut tidak berhasil/tidak lulus. Apakah lelang tersebut dapat di nyatakan berhasil dengan Ketua Panitia yang tidak memiliki sertifikat ? ataukah lelang tersebut harus di laksakan kembali/diulang ?
- Apakah ada hukuman untuk ketua panitia yang sudah mengetahui bahwa dirinya tidak lulus tetapi memaksakan melaksanakan kegiatan pelelangan .. ?

kasus tersebut sedang terjadi di daerah saya, tetapi mungkin para peserta lelang tersebut tidak tahu akan hal tersebut.
mohon pencerahannya. Terima kasih.
q1nsq
Newbie
Newbie
 
Post: 2
Bergabung: 10 Apr 2012, 17:54

Re: Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PER

Postoleh khalid » 11 Apr 2012, 07:23

q1nsq menulis:ketua panitia yang di angkat lewat SK tidak lulus dalam ujian dan tidak berhasil mendapat Sertifikat.
- Apakah panitia tersebut dapat melanjutkan pekerjaan sebagai ketua dan mengadakan lelang ?
- Apabila lelang sudah terlaksana baru di ketahui bahwa Ketua Panitia tersebut tidak berhasil/tidak lulus. Apakah lelang tersebut dapat di nyatakan berhasil dengan Ketua Panitia yang tidak memiliki sertifikat ? ataukah lelang tersebut harus di laksakan kembali/diulang ?
- Apakah ada hukuman untuk ketua panitia yang sudah mengetahui bahwa dirinya tidak lulus tetapi memaksakan melaksanakan kegiatan pelelangan .. ?

kasus tersebut sedang terjadi di daerah saya, tetapi mungkin para peserta lelang tersebut tidak tahu akan hal tersebut.
mohon pencerahannya. Terima kasih.


Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, setiap keputusan atau perjanjian harus memenuhi persyaratan hukum sehingga dapat dianggap sah.
Apabila persyaratan sertifikat tidak dipenuhi atau panitia pengadaan tidak memiliki sertifikat PBJ, maka seluruh hasil pelaksanaan pengadaan dinyatakan BATAL demi hukum dan semua keputusan atas nama panitia menjadi tidak sah
:yellow:
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4188
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Tanya-Syarat-syarat menjadi Panitia Pengadaan Sesuai PER

Postoleh q1nsq » 12 Apr 2012, 07:10

trima kasih pencerahannya Pak ...
q1nsq
Newbie
Newbie
 
Post: 2
Bergabung: 10 Apr 2012, 17:54

tulis komentar


Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 4 tamu