Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya....

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 54/2010, dan lain-lain

Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya....

Postoleh Fajar S » 16 Apr 2011, 13:04

Sanggah, sanggah banding, dan pengaduan merupakan mekanisme yang disediakan pemerintah sebagai salah satu alat untuk mengontrol kinerja aparatnya sehubungan dengan penggunaan anggaran negara.
Bisakah teman2 di sini sharing pengalaman dlm melakukan ketiga hal tsb???
8-) 8-) 8-)
Avatar pengguna
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 153
Bergabung: 05 Apr 2011, 17:59
Lokasi: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Chairul Fuad » 16 Apr 2011, 13:27

Fajar S menulis:Sanggah, sanggah banding, dan pengaduan merupakan mekanisme yang disediakan pemerintah sebagai salah satu alat untuk mengontrol kinerja aparatnya sehubungan dengan penggunaan anggaran negara.
Bisakah teman2 di sini sharing pengalaman dlm melakukan ketiga hal tsb???
8-) 8-) 8-)


saya pernah melakukan ketiga langkah tersebut, sdr. fajar :) era Kepres 80 lho, yang sekarang belum ;) ...

dari ±7-8 total (sanggahan, sanggahan banding dan pengaduan masyarakat) selama 7 tahun sebagai rekanan, saya punya pengalaman yang positive. cuma ada 1 satker (yang nama satkernya saya tidak bisa sebutkan) dimana saya selalu gagal, 2 kali saya sanggah (s/d sanggahan banding) selalu tidak diterima. saya dengar gosip bahwa biro (yang mewakili kepala daerah) yang nangani kasus tersebut kecipratan juga. alhasil di kali ketiga saya mengikuti pelelangan di satker tsb dan dizalimi, akhirnya saya buat pengaduan masyarakat dengan tembusan sampai ke langit ketujuh.

kembali ke sanggahan, redaksi harus tepat dan jangan berputar-putar. hindari kalimat yang mengandung dualisme dimana mereka bisa exploitasi dualisme tersebut. sebelum mencetak, baca berkali-kali dan posisikan diri sbg pihak kedua/ketiga dalam membaca sanggahan sendiri. kalau mereka secara tidak langsung mengakui atau "mengelak" dari issue, disitulah sdr. fajar exploitasi tanggapan sanggahan dari mereka untuk dijadikan alasan kuat untuk menyanggah banding. plus lampirkan artikel/klausul/butir/ayat dari perpres yang mereka langgar dan jangan lupa untuk meng-highlight.

intinya makin nakal mereka, makin kebal terhadap segala sanggahan.

semoga bermanfaat
Chairul Fuad
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 144
Bergabung: 31 Mar 2011, 10:06

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Basuki S. » 16 Apr 2011, 14:34

numpang tanya sekalian ....
Apakah dikonsultansi ada sanggah banding ditahapan : "pengumuman hasil PQ" dan "Pengumuman Hasil Evaluasi Teknis"

tks
Basuki S.
Newbie
Newbie
 
Post: 12
Bergabung: 10 Apr 2011, 23:43

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Fajar S » 16 Apr 2011, 16:11

Wah...7-8 kali ya Pak Chairul.....
Udah ngetop nih, namanya di kalangan panitya PBJ??? :lol: :lol: :lol:
Saya baru 1X Pak, thn kmrn...Sukses juga.... 8-) 8-) 8-)
Setelah itu, apakah ada efek yg kurang baik thd Pak Chairul/perusahaannya..
Misal, jadi jarang dpt proyek melalui mekanisme penunjukan langsung....
atau, setiap datang ikut acara uunwijzing selalu dicemberutin panitya... :twisted: :twisted:
Hmmm...ayo, yang lain mana nich...
sharing donk....
Utk P.Basuki, mohon pertanyaannya bisa diperjelas,Pak??? :? :? :?
Avatar pengguna
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 153
Bergabung: 05 Apr 2011, 17:59
Lokasi: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Pemula » 17 Apr 2011, 08:58

Semenjak menggunakan LPSE 2009 jawabin sanggah lebih enakkan, sering nemu rekanan yang ngotot karena digugurin, salah satunya "komisaris" perusnya salah seorang pengurus parpol "legenda" tdk terima kalah, dan nyanggah, kemudian direkturnya diperintahkan mengantar lsg surat sanggah kepada panitia (di spse udh kok) pas ketemu dir ngaku secara pribadi dia sepakat dg panitia karena kesalahan dia dalam melengkapi dok tdk mempedoman dok pengadaan, namun karena masalah harga diri si "komisaris" (pengurus parpol jeh) sang dir minta maaf karena terpaksa nyanggah ( yah yg namanya kita pelaksana pasti memliki hub ketimuran :geek: ), selanjutna bukan hanya sanggah aja yg dilayangin, telponan para politisi "rumah rakyat" ngantri di hp,,( Emg kita cowok apaan kalee :o ), namun setelah dijeskan dudk masalahnya dan kita arahkan prosedur sanggah banding mereka ngerti juga :mrgreen: .
Nah balik lagi sang dir minta ketemuan :mrgreen: , sambil membawa surat menerima jawaban sanggah :mrgreen:
Pemula
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 155
Bergabung: 31 Mar 2011, 16:02

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Fajar S » 17 Apr 2011, 11:09

Selama ini, apakah panitya yg pernah disanggah, dan sanggahan tsb terbukti benar, mereka (panitya) mendapat penilaian/kondite buruk dari instansinya, atau tidak Pak Pemula???
Konsekuensi terberat yg diterima panitya,selama ini apa Pak???
Kalo pengaduan, apa konsekuensinya sampai ke ranah hukum (pidana)???
Avatar pengguna
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 153
Bergabung: 05 Apr 2011, 17:59
Lokasi: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Pemula » 17 Apr 2011, 12:07

Fajar S menulis:Selama ini, apakah panitya yg pernah disanggah, dan sanggahan tsb terbukti benar, mereka (panitya) mendapat penilaian/kondite buruk dari instansinya, atau tidak Pak Pemula???
Konsekuensi terberat yg diterima panitya,selama ini apa Pak???
Kalo pengaduan, apa konsekuensinya sampai ke ranah hukum (pidana)???


Dalam hal sanggahan benar (terbukti sesuai psl 81) panitia dapat diberikan sanksi administrasi sesuai dengan peraturan kepegawaian (kalo ringan biasanya surat tidak puas dari PA/KPA), dan terekam sebagai kondite pada bagian kepegawaian.
dengan dikeluarkannya Perka 8 2010 akan dibentuk Komite Sertifikasi Keahlian,yang berwenang membekukan bahkan mencabut sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa dengan ketentuan :
a. dikenakan sanksi administrasi, sanksi ganti rugi dan pidana yang berkekuatan hukum tetap akibat melakukan pelanggaran dan atau kecurangan dlm proses pengadaan barang/jasa;
b.terbukti memperoleh sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa dengan cara cara yg tdk syah; atau
c.memberikan keterangan palsu dalam mengisi buku kerja (log book) yg ditetapkan LKPP.

konsekuensi teberat dulu tentu penjara pak, dan sekarang ditambah lagi pencabutan sertifikat keahlian (sertifikat keahlian sesuai p54 beda dg p 80, pd p54 sertifikat keahlian pbj adalah tanda bukti pengakuan dari pemerintah atas kompetensi dan kemampuan profesi dibidang pbj, bayangin kalo dokter dicabut izin profesinya :mrgreen: ),,jadi mikir deh mau macem-macem :mrgreen:

Hukum Acara Pidana Bertujuan: mencari kebenaran materil, melindungi hak-hak masyarakat (termasuk hak pelaku tindak pidana), menghindari tindakan sewenang-wenang oleh aparat/negara, memberi kepastian hukum dan Implementasi persamaan di hadapan hukum. :mrgreen:
Untuk dapat dibawa ke perkara pidana harus ada peristiwa pidana/delik (pembuktiannya pada tahap penyelidikan)
peristiwa pidana/delik : Perbuatan/akibat perbuatan manusia, perbuatan/akibatnya itu melawan hukum, pelakunya memiliki kesalahan,diancam dengan hukuman.
intinya pengaduan dapat diperoses pada perkara pidana (penghinaan aja bisa dibawa ke pidana :mrgreen: )

mohon maaf kalo salah, mohon koreksi :mrgreen:
Pemula
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 155
Bergabung: 31 Mar 2011, 16:02

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Fajar S » 17 Apr 2011, 13:04

Wooowww....
@Pak Pemula...."Super...!!!!"
:D :D :D :D :D
serem juga ya pak....
berarti nekad bgt kalo ada panitya/PPK sampai macem2 ya pak....
:twisted: :twisted: :twisted:
Jangan2 konsekuensi2 itu belum disosialisasikan ke semua panitya/PPK/PA Pak???
:? :? :?
Avatar pengguna
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 153
Bergabung: 05 Apr 2011, 17:59
Lokasi: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: Sharing Pengalaman Sanggah,Sanggah Banding, Pengaduan ya

Postoleh Fajar S » 27 Apr 2011, 17:19

Ada yg punya pengalaman ngirim PENGADUAN???
:?: :?: :?: :?: :?:
Avatar pengguna
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 153
Bergabung: 05 Apr 2011, 17:59
Lokasi: Ngayogyokarto Hadiningrat

tulis komentar


Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu