jasa dan barang bersamaan

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 54/2010, dan lain-lain

jasa dan barang bersamaan

Postoleh masrifah » 16 Feb 2013, 20:02

kami memiliki dana 360 jt..setelah dikurangi honor dan biaya lain2 tinggal 320 jt
rencanya dana tersebut untuk pembangunan gedung 200 jt dan 120 jt untuk pengadaan meubelair berupa bangku..apakah diperbolehkan kita memecah paket tersebut sehingga bisa di PLkan dan apakah dasar hukumnya?

apakah kita juga diperbolehkan menyatukan kedua pengadaan barang dan jasa tersebut dalam satu paket sehingga harus dijadikan pelelangan dan apakah dar hukumya jika dilakukan penggabungan antara pengadaan barang dan konstruksi tersebut

sebelumnya terimakasih bantuannya
masrifah
Newbie
Newbie
 
Post: 4
Bergabung: 16 Feb 2013, 19:53

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh khalid » 16 Feb 2013, 20:07

masrifah menulis:kami memiliki dana 360 jt..setelah dikurangi honor dan biaya lain2 tinggal 320 jt
rencanya dana tersebut untuk pembangunan gedung 200 jt dan 120 jt untuk pengadaan meubelair berupa bangku..apakah diperbolehkan kita memecah paket tersebut sehingga bisa di PLkan dan apakah dasar hukumnya?

apakah kita juga diperbolehkan menyatukan kedua pengadaan barang dan jasa tersebut dalam satu paket sehingga harus dijadikan pelelangan dan apakah dar hukumya jika dilakukan penggabungan antara pengadaan barang dan konstruksi tersebut

sebelumnya terimakasih bantuannya


Sudah jelas hal tersebut 2 paket yang berbeda, yaitu pembangunan gedung yang masuk Pekerjaan Konstruksi dan meubelair yang merupakan pengadaan barang (Pasal 4)
Jadi memang tidak bisa digabungkan.

Yang dilarang adalah memecah paket untuk menghindari lelang. Kalau pemecahan paket itu karena sifat dan jenis pekerjaannya memang dipisahkan, malah diperintahkan dalam Pasal 24 ayat 3.
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4173
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh Kasiman berutu » 17 Feb 2013, 04:45

khalid menulis:
masrifah menulis:kami memiliki dana 360 jt..setelah dikurangi honor dan biaya lain2 tinggal 320 jt
rencanya dana tersebut untuk pembangunan gedung 200 jt dan 120 jt untuk pengadaan meubelair berupa bangku..apakah diperbolehkan kita memecah paket tersebut sehingga bisa di PLkan dan apakah dasar hukumnya?

apakah kita juga diperbolehkan menyatukan kedua pengadaan barang dan jasa tersebut dalam satu paket sehingga harus dijadikan pelelangan dan apakah dar hukumya jika dilakukan penggabungan antara pengadaan barang dan konstruksi tersebut

sebelumnya terimakasih bantuannya


Sudah jelas hal tersebut 2 paket yang berbeda, yaitu pembangunan gedung yang masuk Pekerjaan Konstruksi dan meubelair yang merupakan pengadaan barang (Pasal 4)
Jadi memang tidak bisa digabungkan.

Yang dilarang adalah memecah paket untuk menghindari lelang. Kalau pemecahan paket itu karena sifat dan jenis pekerjaannya memang dipisahkan, malah diperintahkan dalam Pasal 24 ayat 3.


pemecahan paket diatas tergantung spesifikasi moubilernya. apakah moubilernya menyatu dengn gedung misalnya lemari, kursi, meja yang semuanya terbuat dari kayu yang mana dapat dipabrikasi di sembarang tempat. ataukah moubilernya hanya dapat dibeli di toko misalnya filing kabinet. kalau moubilernya dapat dipabrikasi saat pembangunan gedung maka paket diatas tidak dapat dipecah, klo dipecaha maka dianggap menghindari tender. sebagai contoh pengadaan DAK pendidikan tahun 2012 maka pembangunan gedung disatukan dengan pengadaan moubiler
salam pengadaan dari sumatera utara, HP. 081370201730, email : bkasiman@gmail.com
Avatar pengguna
Kasiman berutu
Procurement Senior Lv. 1
Procurement Senior Lv. 1
 
Post: 544
Bergabung: 10 Feb 2013, 16:54
Lokasi: SUMATERA UTARA, HP. 081370201730

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh masrifah » 17 Feb 2013, 11:27

terimakasih sebelumnya .... meubelair yang kita maksud adalah meubelar meja kursi lemari kayu untuk isi gedung konstruksi yang dibangun ? jika memang harus dijadikan satu apakah harus menambahkan syrat memiliki SBU gedung dan SIUP meubelair. karena sebenarnya kita bermaksud memecah paket tersebut supaya benar-benar mendapat rekanan yang kompeten di bidangnya
masrifah
Newbie
Newbie
 
Post: 4
Bergabung: 16 Feb 2013, 19:53

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh aan zunaidi » 17 Feb 2013, 17:29

yang bener yang mana nih heheheh
di daerah kami juga ada kejadian begitu dan perlakuannya berbeda-beda..ada yang memecah paket dengan alasan pemerataan paket dan memang ada yang menjadikan satu karena takut dikatakan memecah paket

klo saya sependapat dengan pak khalid karena mungkin karena meubelair yang dimaksud adalah pengadaan barang yang tentunya memerlukan ijin SIUP dan TDP sementara untuk konstruksinya membutuhkan IUJK dan SBU. tapi jika dipikir-pikir itu sebenarnya juga bentuk pemecahan paket hehehehe

bantu dong saya dan saudari masrifah tambah bingung nih klo bisa kasih peraturan yang membenarkan langkah mana yang harus diambil
aan zunaidi
Newbie
Newbie
 
Post: 10
Bergabung: 18 Jul 2012, 15:28

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh Budi Astika » 17 Feb 2013, 20:40

aan zunaidi menulis:yang bener yang mana nih heheheh
di daerah kami juga ada kejadian begitu dan perlakuannya berbeda-beda..ada yang memecah paket dengan alasan pemerataan paket dan memang ada yang menjadikan satu karena takut dikatakan memecah paket

klo saya sependapat dengan pak khalid karena mungkin karena meubelair yang dimaksud adalah pengadaan barang yang tentunya memerlukan ijin SIUP dan TDP sementara untuk konstruksinya membutuhkan IUJK dan SBU. tapi jika dipikir-pikir itu sebenarnya juga bentuk pemecahan paket hehehehe

bantu dong saya dan saudari masrifah tambah bingung nih klo bisa kasih peraturan yang membenarkan langkah mana yang harus diambil


Boleh memecah paket asal dasar pertimbangannya jelas dan sesuai aturan,dan bukan krn untuk menghindari lelang.Antara pekerjaan konstruksi dan pengadan barang sudah jelas sekali berbeda baik dari segi barang/jasa maupun penyedia. Jika dijadikan satu akan sulit bagi penyedia yg punya salah satu syarat kualifikasi mengikuti pelelangan,misalnya CV.A Hanya punya SIUJK tidak bisa ikut tender dan CV.B tidak bisa ikut tender krn hanya puny SIUP.
Budi Astika
Newbie
Newbie
 
Post: 28
Bergabung: 09 Feb 2013, 20:51

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh kujang101 » 17 Feb 2013, 21:48

Boleh dan memang harus dipecah.

Jika ada yang mencontohkan DAK 2012, itu adalah perlakuan pengelola kegiatan, tidak dapat dijadikan pembenaran.
Avatar pengguna
kujang101
Procurement Senior Lv. 2
Procurement Senior Lv. 2
 
Post: 1085
Bergabung: 06 Apr 2011, 16:30

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh Kasiman berutu » 18 Feb 2013, 14:05

Budi Astika menulis:
aan zunaidi menulis:yang bener yang mana nih heheheh
di daerah kami juga ada kejadian begitu dan perlakuannya berbeda-beda..ada yang memecah paket dengan alasan pemerataan paket dan memang ada yang menjadikan satu karena takut dikatakan memecah paket

klo saya sependapat dengan pak khalid karena mungkin karena meubelair yang dimaksud adalah pengadaan barang yang tentunya memerlukan ijin SIUP dan TDP sementara untuk konstruksinya membutuhkan IUJK dan SBU. tapi jika dipikir-pikir itu sebenarnya juga bentuk pemecahan paket hehehehe

bantu dong saya dan saudari masrifah tambah bingung nih klo bisa kasih peraturan yang membenarkan langkah mana yang harus diambil


Boleh memecah paket asal dasar pertimbangannya jelas dan sesuai aturan,dan bukan krn untuk menghindari lelang.Antara pekerjaan konstruksi dan pengadan barang sudah jelas sekali berbeda baik dari segi barang/jasa maupun penyedia. Jika dijadikan satu akan sulit bagi penyedia yg punya salah satu syarat kualifikasi mengikuti pelelangan,misalnya CV.A Hanya punya SIUJK tidak bisa ikut tender dan CV.B tidak bisa ikut tender krn hanya puny SIUP.


kalau dengan dipecahnya paket berubah sistem pengadaan dari pelelangan menjadi pengadaan maka sangat terindikasi menghindari tender. kalau hanya alasan SBU dan SIUP yang berbeda hanya alasan adminstratif belaka. kalau itu saja alasannya maka semua gedung dapat dipecah2, baca permen PU nomor 8 tahun 2011 tentang subkualifikasi dan subklasifikasi. kalau diperturutkan SBU saja maka tukang kaca lain SBU nya, tukang listrik lain SBU nya, tukang keramik lain SBUnya, tukang air lain SBU nya. kalau mengikut administrtif belaka maka bermilyar2 harga gedung bisa dipecah. terkait pembangunan gedung yang disatukan dengan moubiler jauh lebih efesien kalau disatukan. cuman untuk menentukan subklasifikainya dilihat dari pagu pekerjaan apa yang lebih dominan. terkait adanya keiginan mendapatkan orang profesional untk mengerjakan moubiler tersebut maka dapat ditambahkan persyartan tenaga terampil moubiler pada persyaratan tenaga teknik.
salam pengadaan dari sumatera utara, HP. 081370201730, email : bkasiman@gmail.com
Avatar pengguna
Kasiman berutu
Procurement Senior Lv. 1
Procurement Senior Lv. 1
 
Post: 544
Bergabung: 10 Feb 2013, 16:54
Lokasi: SUMATERA UTARA, HP. 081370201730

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh dennyyap » 18 Feb 2013, 16:17

inilah salah satu hasil dari terlalu banyak klasifikasi usaha, mau dibikin paket salah karena klasifikasi beda dipecah pun ternyata salah....
Avatar pengguna
dennyyap
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 438
Bergabung: 24 Nov 2011, 13:10
Lokasi: Surabaya

Re: jasa dan barang bersamaan

Postoleh masrifah » 18 Feb 2013, 18:56

kok jadi ribet ya mana yang bener nih
jadi tambah pusinggg......hiks
masrifah
Newbie
Newbie
 
Post: 4
Bergabung: 16 Feb 2013, 19:53

tulis komentar

Berikutnya

Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 3 tamu