Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 54/2010, dan lain-lain

Re: Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

Postoleh Khairil Khai » 02 Apr 2011, 16:18

khalid menulis:Minta perintah keduanya dibuat tertulis dan silakan dijalankan. Nanti kalau ada masalah, PA dan PPK bisa diproses secara hukum


jgn lupa setelah diterima surat perintah tertulis , Panitia/Pejabat memberikan Nota dinas ke PPK utk merubah metode pelelangan disertai dasar2 hukumnya. nah di dalamnya diberikan pilihan jk PPK tetap pada pendiriannya mk PPK menyerahkan Surat Penetapan Metode Pelelangan.
agar Panitia/pejabat tidak dikenakan pasal "bersekongkol/ikut serta" jika ada proses hukum.
Khairil Khai
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
 
Post: 364
Bergabung: 31 Mar 2011, 05:32

Re: Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

Postoleh Harjuna » 02 Apr 2011, 16:28

Khairil Khai menulis:
khalid menulis:Minta perintah keduanya dibuat tertulis dan silakan dijalankan. Nanti kalau ada masalah, PA dan PPK bisa diproses secara hukum


jgn lupa setelah diterima surat perintah tertulis , Panitia/Pejabat memberikan Nota dinas ke PPK utk merubah metode pelelangan disertai dasar2 hukumnya. nah di dalamnya diberikan pilihan jk PPK tetap pada pendiriannya mk PPK menyerahkan Surat Penetapan Metode Pelelangan.
agar Panitia/pejabat tidak dikenakan pasal "bersekongkol/ikut serta" jika ada proses hukum.



...MANTAP... Amankan kebijakan namun perlu diingat amankan juga diri sendiri.. :P :P :P :P :P
Avatar pengguna
Harjuna
Newbie
Newbie
 
Post: 20
Bergabung: 31 Mar 2011, 00:19
Lokasi: Kota Palopo

Re: Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

Postoleh Ramlan Hasan » 02 Apr 2011, 19:44

khalid menulis:
Harjuna menulis:
Nanda Hasan S menulis:Point 2. Bila PPK menolak atau bersikeras tidak mau merubah atas apa yg diusulkan oleh panitia, maka disinilah letak peran dari PA untuk menyelesaikan perselisihan perbedaan pendapat dr keduanya.

Trus PA juga sependapat dengan PPK....saya mengalami nya sekarang...Kegiatan yang tersebut diatas, PA maupun PPK mengusulkan untuk Pengadaan Langsung...padahal jelas itu memecah paket dari 700jt menjadi 70jt an......apa nanti nya pejabat pengadaan yg disalahkan ????


Waduh...kasuistik spt itu mesti jelas kronologisx dl br bs komen..


Minta perintah keduanya dibuat tertulis dan silakan dijalankan. Nanti kalau ada masalah, PA dan PPK bisa diproses secara hukum


sepaham,
mesti ada jejak rekamnya, taat azas dan tertib administrasi :D
procurement
a way to good governance and public accountability ___
Avatar pengguna
Ramlan Hasan
Newbie
Newbie
 
Post: 60
Bergabung: 31 Mar 2011, 10:02

Re: Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

Postoleh Ramlan Hasan » 02 Apr 2011, 19:59

miftah.ra menulis:
Nanda Hasan S menulis:@ Harjuna : bener qta ajukan perubahan..namun bila PPK tetap tidak mau merubah gimana ?
@ mifta : Kalo gak ada surat permohonan dari PPK yang dilampiri dengan HPS,Speksifikasi Barang dan Rancangan Kontrak trus panitia mulai bekerja dengan apa ????


Yah, gak nyambung. Jawaban anda malah maen logika. Saya nanya kutipan itu ada di pasal berapa... Atau saya nyari sendri aja dh d pp nya. Thnx



lihat pada Lampiran dari perpres 54/2010 misal pada lampiran III (pekerjaan konstruksi)
coba dikaji pada bagian A. 2 Pegkajian ulang rencana umum pengadaan
" PPK mengundang ULP membahas RUP terdiri dari kebijakan pengadaan, kajian ulang pembiayaan dan KAK, hasilnya dituangkan dalam bentuk berita acara, bila ada perbedaan pemahaman PPK dan ULP maka dilimpahkan ke PA/KPA dan keputusannya bersifat final "

thks, :D
procurement
a way to good governance and public accountability ___
Avatar pengguna
Ramlan Hasan
Newbie
Newbie
 
Post: 60
Bergabung: 31 Mar 2011, 10:02

Re: Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

Postoleh Harjuna » 03 Apr 2011, 01:46

Ramlan Hasan menulis:
miftah.ra menulis:
Nanda Hasan S menulis:@ Harjuna : bener qta ajukan perubahan..namun bila PPK tetap tidak mau merubah gimana ?
@ mifta : Kalo gak ada surat permohonan dari PPK yang dilampiri dengan HPS,Speksifikasi Barang dan Rancangan Kontrak trus panitia mulai bekerja dengan apa ????


Yah, gak nyambung. Jawaban anda malah maen logika. Saya nanya kutipan itu ada di pasal berapa... Atau saya nyari sendri aja dh d pp nya. Thnx



lihat pada Lampiran dari perpres 54/2010 misal pada lampiran III (pekerjaan konstruksi)
coba dikaji pada bagian A. 2 Pegkajian ulang rencana umum pengadaan
" PPK mengundang ULP membahas RUP terdiri dari kebijakan pengadaan, kajian ulang pembiayaan dan KAK, hasilnya dituangkan dalam bentuk berita acara, bila ada perbedaan pemahaman PPK dan ULP maka dilimpahkan ke PA/KPA dan keputusannya bersifat final "

thks, :D



Waduh tambah bingung lg neh... :roll: :roll: Kalo nyimak tanggapanx sih, ternyata bpk fokus pd pertanyaan yg ini yah...??
miftah.ra menulis:Pak, bagian yang saya bold itu mantap bener kata2nya. Bisa buat bahan ekspose ntar ke ppk (biar mereka bisa lebih aktif)
Itu ada di pasal berapa? mohon pencerahannya.

Jelas ngak ada hubunganx dgn postingan sy yg ini.. :arrow: ..:
Harjuna menulis:1. Pertanyaanx yg tepat adlh bgm mau melaksanakan proses PBJ bila belum ada permintaan..Logikax kan mesti ada permintaan dl, baik itu melalui Surat Permohonan atau dlm bentuk Nota Dinas dari PPK yg disertai lampiran Rencana Umum Pengadaan (RUP) termsk didlmx Metode pengadaan, HPS dan Spesifikasi Teknis.
2. Bila PPK menolak atau bersikeras tidak mau merubah atas apa yg diusulkan oleh panitia, maka disinilah letak peran dari PA untuk menyelesaikan perselisihan perbedaan pendapat dr keduanya.
3. Rancangan Kontrak tdklah disertakan dlm RUP, krn pd bagian ini merupakan ranah PPK dan Penyedia B/J hasil penetapan dr panitia, yg sebelumx didahului dgn SPPBJ kpd penyedia.
4. Sebagaimana point (1), sama halx panitia, PPK jg dlm melakukan tugasx tentunya harus memiliki dasar pelaksanaan yakni KAK yg telah disetujui oleh PA...


Karena postingan tsb adlh proses atau mekanisme sebelum tahapan dimulai baik oleh PPK atau Panitia... ;)
Avatar pengguna
Harjuna
Newbie
Newbie
 
Post: 20
Bergabung: 31 Mar 2011, 00:19
Lokasi: Kota Palopo

Re: Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

Postoleh hary » 05 Apr 2011, 03:59

PA sama PPK sedang puyeng kali ya, dia suruh liat DPA nya apakah anggaran sudah per rekening atau tidak (glondongan) jadi satu rekening ..... :P
hary
Newbie
Newbie
 
Post: 4
Bergabung: 05 Apr 2011, 02:54

Re: Panitia mulai Bekerja Berdasarkan Permintaan dari PPK

Postoleh burhan » 05 Apr 2011, 18:48

sudah jelas di pasal 11 ayat (1)
Pasal 11
(1) PPK memiliki tugas pokok dan kewenangan sebagai berikut:
a. menetapkan rencana pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa
yang meliputi:
1) spesifikasi teknis Barang/Jasa;
2) Harga Perkiraan Sendiri (HPS); dan
3) rancangan Kontrak.

jadi kalau ppk belum menetapkan rencana pelaksanaan pengadaan (RPP), panitia pengadaan tidak bisa bekerja
Avatar pengguna
burhan
Procurement Senior Lv. 1
Procurement Senior Lv. 1
 
Post: 584
Bergabung: 01 Apr 2011, 09:01

tulis komentar

Sebelumnya

Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 10 tamu