Penggandaan Berita Acara Evaluasi

[ Komentar Facebook]

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 54/2010, dan lain-lain

Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh dadan » 29 Mar 2013, 12:48

Mohon penjelasan
1. susunan berita acara mulai dari Aanwijzing, evaluasi, pembuktian, pengumuman, sanggah selesai ditandatangani pokja... selanjutnya apakah dijilid disatubukukan dengan surat SPPBJ dan Kontrak?
2. penggandaan/memperbanyak dokumen tersebut tugas siapa?
3. biayanya penggandaan dari mana? karena pokja keberatan tidak ada dana untuk penggandaan tersebut, honor panitia habis hanya untuk konsumsi+makan malam lembur evaluasi (3jt untuk 24 paket lelang sementara pokja tidak boleh memungut biaya)? :cold: :vom:
dadan
Newbie
Newbie
 
Post: 58
Bergabung: 14 Jun 2012, 13:51

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh khalid » 30 Mar 2013, 07:02

dadan menulis:Mohon penjelasan
1. susunan berita acara mulai dari Aanwijzing, evaluasi, pembuktian, pengumuman, sanggah selesai ditandatangani pokja... selanjutnya apakah dijilid disatubukukan dengan surat SPPBJ dan Kontrak?
2. penggandaan/memperbanyak dokumen tersebut tugas siapa?
3. biayanya penggandaan dari mana? karena pokja keberatan tidak ada dana untuk penggandaan tersebut, honor panitia habis hanya untuk konsumsi+makan malam lembur evaluasi (3jt untuk 24 paket lelang sementara pokja tidak boleh memungut biaya)? :cold: :vom:


Nah, ini contoh tidak dilakukannya Rapat Pengkajian Ulang RUP. Akhirnya setelah selesai, malah bingung dengan kurangnya dana.

Perencanaan pengadaan bukan sekedar biaya barang/jasa, namun harus mempersiapkan biaya administrasi dan pendukung. Kalau tidak tersedia, maka dilakukan revisi anggaran.
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4188
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh kujang101 » 30 Mar 2013, 10:06

khalid menulis:
dadan menulis:Mohon penjelasan
1. susunan berita acara mulai dari Aanwijzing, evaluasi, pembuktian, pengumuman, sanggah selesai ditandatangani pokja... selanjutnya apakah dijilid disatubukukan dengan surat SPPBJ dan Kontrak?
2. penggandaan/memperbanyak dokumen tersebut tugas siapa?
3. biayanya penggandaan dari mana? karena pokja keberatan tidak ada dana untuk penggandaan tersebut, honor panitia habis hanya untuk konsumsi+makan malam lembur evaluasi (3jt untuk 24 paket lelang sementara pokja tidak boleh memungut biaya)? :cold: :vom:


Nah, ini contoh tidak dilakukannya Rapat Pengkajian Ulang RUP. Akhirnya setelah selesai, malah bingung dengan kurangnya dana.

Perencanaan pengadaan bukan sekedar biaya barang/jasa, namun harus mempersiapkan biaya administrasi dan pendukung. Kalau tidak tersedia, maka dilakukan revisi anggaran.

Untuk pertanyaan no. 1, jawabannya apa, Pak?
Avatar pengguna
kujang101
Procurement Senior Lv. 2
Procurement Senior Lv. 2
 
Post: 1154
Bergabung: 06 Apr 2011, 16:30

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh khalid » 01 Apr 2013, 10:36

kujang101 menulis:
khalid menulis:
dadan menulis:Mohon penjelasan
1. susunan berita acara mulai dari Aanwijzing, evaluasi, pembuktian, pengumuman, sanggah selesai ditandatangani pokja... selanjutnya apakah dijilid disatubukukan dengan surat SPPBJ dan Kontrak?
2. penggandaan/memperbanyak dokumen tersebut tugas siapa?
3. biayanya penggandaan dari mana? karena pokja keberatan tidak ada dana untuk penggandaan tersebut, honor panitia habis hanya untuk konsumsi+makan malam lembur evaluasi (3jt untuk 24 paket lelang sementara pokja tidak boleh memungut biaya)? :cold: :vom:


Nah, ini contoh tidak dilakukannya Rapat Pengkajian Ulang RUP. Akhirnya setelah selesai, malah bingung dengan kurangnya dana.

Perencanaan pengadaan bukan sekedar biaya barang/jasa, namun harus mempersiapkan biaya administrasi dan pendukung. Kalau tidak tersedia, maka dilakukan revisi anggaran.

Untuk pertanyaan no. 1, jawabannya apa, Pak?


Tidak diatur dalam Perpres dan Perka. Tapi kalau melihat susunan kontrak, yang terdiri atas semua dokumen termasuk berita acara, maka memang disusun sebagai bagian dari kontrak.
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4188
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh dadan » 02 Apr 2013, 17:39

khalid menulis:
dadan menulis:Mohon penjelasan
1. susunan berita acara mulai dari Aanwijzing, evaluasi, pembuktian, pengumuman, sanggah selesai ditandatangani pokja... selanjutnya apakah dijilid disatubukukan dengan surat SPPBJ dan Kontrak?
2. penggandaan/memperbanyak dokumen tersebut tugas siapa?
3. biayanya penggandaan dari mana? karena pokja keberatan tidak ada dana untuk penggandaan tersebut, honor panitia habis hanya untuk konsumsi+makan malam lembur evaluasi (3jt untuk 24 paket lelang sementara pokja tidak boleh memungut biaya)? :cold: :vom:


Nah, ini contoh tidak dilakukannya Rapat Pengkajian Ulang RUP. Akhirnya setelah selesai, malah bingung dengan kurangnya dana.

Perencanaan pengadaan bukan sekedar biaya barang/jasa, namun harus mempersiapkan biaya administrasi dan pendukung. Kalau tidak tersedia, maka dilakukan revisi anggaran.



hehe... pengkajian dilakukan cuman kelupaan, kami lebih fokus ke pembahasan LDK dan LDP, hps dan gambar desain..
untuk pertanyaan no. 2 :hmm: ? berarti dibebankan bada biaya DPA?
dadan
Newbie
Newbie
 
Post: 58
Bergabung: 14 Jun 2012, 13:51

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh khalid » 03 Apr 2013, 05:50

dadan menulis:
khalid menulis:
dadan menulis:Mohon penjelasan
1. susunan berita acara mulai dari Aanwijzing, evaluasi, pembuktian, pengumuman, sanggah selesai ditandatangani pokja... selanjutnya apakah dijilid disatubukukan dengan surat SPPBJ dan Kontrak?
2. penggandaan/memperbanyak dokumen tersebut tugas siapa?
3. biayanya penggandaan dari mana? karena pokja keberatan tidak ada dana untuk penggandaan tersebut, honor panitia habis hanya untuk konsumsi+makan malam lembur evaluasi (3jt untuk 24 paket lelang sementara pokja tidak boleh memungut biaya)? :cold: :vom:


Nah, ini contoh tidak dilakukannya Rapat Pengkajian Ulang RUP. Akhirnya setelah selesai, malah bingung dengan kurangnya dana.

Perencanaan pengadaan bukan sekedar biaya barang/jasa, namun harus mempersiapkan biaya administrasi dan pendukung. Kalau tidak tersedia, maka dilakukan revisi anggaran.



hehe... pengkajian dilakukan cuman kelupaan, kami lebih fokus ke pembahasan LDK dan LDP, hps dan gambar desain..
untuk pertanyaan no. 2 :hmm: ? berarti dibebankan bada biaya DPA?


Pengkajian ulang RUP tidak membahas LDK dan LDP. Pengkajian Ulang RUP dilakukan oleh PPK dan membahas 3 hal, yaitu Kebijakan Umum yang difokuskan kepada Pemaketan, Anggaran Biaya yang difokuskan kepada ketersediaan biaya yang dibutuhkan yaitu biaya barang/jasa, biaya pendukung dan biaya administrasi serta kesesuaian kode akun, dan yang ketiga adalah membahas KAK.

Output dari Pengkajian Ulang RUP adalah Revisi Anggaran, termasuk revisi RUP.

Setelah itu baru masuk tahapan penyusunan rencana pelaksanaan pengadaan yang dilakukan oleh PPK (Spek teknis, HPS dan Rancangan Kontrak). Nanti rencana pelaksanaan pengadaan inilah yang diserahkan kepada Pokja ULP untuk disusun dokumen pengadaannya.
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4188
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh deydi » 03 Apr 2013, 06:11

dadan menulis:Mohon penjelasan
1. susunan berita acara mulai dari Aanwijzing, evaluasi, pembuktian, pengumuman, sanggah selesai ditandatangani pokja... selanjutnya apakah dijilid disatubukukan dengan surat SPPBJ dan Kontrak?
2. penggandaan/memperbanyak dokumen tersebut tugas siapa?
3. biayanya penggandaan dari mana? karena pokja keberatan tidak ada dana untuk penggandaan tersebut, honor panitia habis hanya untuk konsumsi+makan malam lembur evaluasi (3jt untuk 24 paket lelang sementara pokja tidak boleh memungut biaya)? :cold: :vom:


coba disusun berdasarkan urutan kegiatan, memang tidak diatur ttg susunan dokumen lelang, tapi coba susunnya mulai dari bawah keatas per tahapan kehiatan sehingga dokumen akan menceritakan tahapan pekerjaan.

misalnya tahapan pertama adalah, keluar anggaran sampai dengan penanda tanganan kontrak.
misalnya disusun mulai bagian paling bawah :
1. RKA-KL
2. SK Panitia/PPK
3. RUP
4. Spektek + Gambar + HPS
5. Dok Pemilihan
6. Berita acara penjelasan
7. ...
8. ....dan seterusnya sampai pada Kontrak/SPMK pada halaman paling atas.
Forum Diskusi Pengadaan Barang/jasa Pemerintah
Tersedia Rubik Diskusi khusus Operator LPSE

Klik : http://forum.portalpengadaan.com

Gambar
deydi
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 124
Bergabung: 10 Apr 2011, 08:31

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh deydi » 03 Apr 2013, 06:16

khalid menulis:Pengkajian ulang RUP tidak membahas LDK dan LDP. Pengkajian Ulang RUP dilakukan oleh PPK dan membahas 3 hal, yaitu Kebijakan Umum yang difokuskan kepada Pemaketan, Anggaran Biaya yang difokuskan kepada ketersediaan biaya yang dibutuhkan yaitu biaya barang/jasa, biaya pendukung dan biaya administrasi serta kesesuaian kode akun, dan yang ketiga adalah membahas KAK.

Output dari Pengkajian Ulang RUP adalah Revisi Anggaran, termasuk revisi RUP.

Setelah itu baru masuk tahapan penyusunan rencana pelaksanaan pengadaan yang dilakukan oleh PPK (Spek teknis, HPS dan Rancangan Kontrak). Nanti rencana pelaksanaan pengadaan inilah yang diserahkan kepada Pokja ULP untuk disusun dokumen pengadaannya.


biasanya kalau pekerjaan konstruksi di RKA-KL udah muncul anggarannya dalam bentuk biaya pengelolaan proyek, biaya inilah yang dikeluarkan untuk honor panitia, biaya ATK, biaya makan saat rapat panitia dll.

Namun pekerjaan non konstruksi seperti pengadaan meubel, pengadaan jasa makan, dll tidak didukung dengan biaya pengelolaan.
yang menjadi pertanyaan saya apakah bisa mengambil biaya honor panitia, biaya ATK dll dari anggaran paket pekerjaan tersebut? misalnya nama peket pengadaan Jasa Makan sebesar 1 Milyar, apakah bisa yang 1 milyar tersebut sebagian dialokasikan untuk bisaya pengelolaan paket tersebut?
Forum Diskusi Pengadaan Barang/jasa Pemerintah
Tersedia Rubik Diskusi khusus Operator LPSE

Klik : http://forum.portalpengadaan.com

Gambar
deydi
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 124
Bergabung: 10 Apr 2011, 08:31

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh khalid » 03 Apr 2013, 06:56

deydi menulis:
khalid menulis:Pengkajian ulang RUP tidak membahas LDK dan LDP. Pengkajian Ulang RUP dilakukan oleh PPK dan membahas 3 hal, yaitu Kebijakan Umum yang difokuskan kepada Pemaketan, Anggaran Biaya yang difokuskan kepada ketersediaan biaya yang dibutuhkan yaitu biaya barang/jasa, biaya pendukung dan biaya administrasi serta kesesuaian kode akun, dan yang ketiga adalah membahas KAK.

Output dari Pengkajian Ulang RUP adalah Revisi Anggaran, termasuk revisi RUP.

Setelah itu baru masuk tahapan penyusunan rencana pelaksanaan pengadaan yang dilakukan oleh PPK (Spek teknis, HPS dan Rancangan Kontrak). Nanti rencana pelaksanaan pengadaan inilah yang diserahkan kepada Pokja ULP untuk disusun dokumen pengadaannya.


biasanya kalau pekerjaan konstruksi di RKA-KL udah muncul anggarannya dalam bentuk biaya pengelolaan proyek, biaya inilah yang dikeluarkan untuk honor panitia, biaya ATK, biaya makan saat rapat panitia dll.

Namun pekerjaan non konstruksi seperti pengadaan meubel, pengadaan jasa makan, dll tidak didukung dengan biaya pengelolaan.
yang menjadi pertanyaan saya apakah bisa mengambil biaya honor panitia, biaya ATK dll dari anggaran paket pekerjaan tersebut? misalnya nama peket pengadaan Jasa Makan sebesar 1 Milyar, apakah bisa yang 1 milyar tersebut sebagian dialokasikan untuk bisaya pengelolaan paket tersebut?


Ini yang saya sebut kebalik. Artinya paket sudah ada baru mau dialokasikan untuk biaya lain.

Dalam perencanaan, semua sudah harus dipersiapkan, pada Perka LKPP 14/2012 Bab I tentang perencanaan sudah dijelaskan bahwa Biaya itu ada 3. Nah, output dari perencanaan adalah pemaketan.
Jadi, bisa saja dalam 1 paket itu sudah ada biaya administrasi dan pendukung kalau memang sejak perencanaannya diatur demikian. Atau dipisahkan dalam MAK berbeda sebagai biaya pendukung pengadaan.
Avatar pengguna
khalid
Site Admin
Site Admin
 
Post: 4188
Bergabung: 30 Mar 2011, 21:26
Lokasi: DKI Jakarta

Re: Penggandaan Berita Acara Evaluasi

Postoleh deydi » 17 Apr 2013, 22:55

kalau pengalaman kami, dalam pembuatan perencanaan sudah dimasukan semua anggaran termasuk semua jenis biaya yang ada.
namun setelah DIPAnya keluar, eh ternyata yang keluar khusus belanja modal dan belanja barang tidak seperti yang direncanakan, selalu meleset, kecuali belanja pegawai yang tidak pernah meleset.

contoh tahun 2011 kami mengajukan anggaran pembangunan sebuah gedung kantor, dimana selain anggaran fisik gedung, kami ajukan juga pematangan lahan, pembebasan tanaman masyarakat yang ada dalam lahan tersebut. dan setelah DIPAnya keluar yang ada hanya anggaran fisik yang disetujui. pematangan lahan, pembebasan tanaman warga dll tidak disetujui oleh mereka yang mengatur anggaran, dan akhirnya biaya2 tersebut semua dibebankan pada pekerjaan fisik, maka terjadilah temuan dari pengawas internal bahwa perencanaan tidak matang, bagian perencana tidak bekerja dengan baik, kemudian bagian perencana menyerahkan bukti TOR perencanaanya serta tanda terima pengiriman TOR tersebut, pengawaspun ikutan bingung kalau sudah begini siapa yang salah?
Forum Diskusi Pengadaan Barang/jasa Pemerintah
Tersedia Rubik Diskusi khusus Operator LPSE

Klik : http://forum.portalpengadaan.com

Gambar
deydi
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
 
Post: 124
Bergabung: 10 Apr 2011, 08:31

tulis komentar

Berikutnya

Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Google [Bot] dan 1 tamu